Jaga Keutuhan NKRI, Danrem 131/Santiago Berangkatkan Satgas Pengamanan Pulau-pulau Kecil Terluar

JurnalPatroliNews – Manado,– Penugasan ke daerah pulau-pulau kecil terluar bagi setiap prajurit merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan.

Tugas itu sekaligus sebagai bukti bahwa TNI sebagai komponen inti pertahanan masih dipercaya oleh negara untuk mengemban tugas menjaga dan mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal tersebut disampaikan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH yang bertindak sebagai inspektur pada upacara pemberangkatan Satgas Pengamanan Pulau-pulau Kecil Terluar yang dilaksanakan di Makorem 131/Santiago, Senin (24/5/2021).

Sementara bertindak sebagai Komandan Upacara, Dansatgas Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP.

Sebelum diberangkatkan, para personel Satgas telah dibekali dengan materi yang memadai melalui tahapan yang diprogramkan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Brigjen TNI Prince Meyer Putong yang juga merupakan Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) pada Satgas ini mengatakan, prestasi tersebut akan dapat diwujudkan jika prajurit memiliki kemauan, kesungguhan, keikhlasan dan kemampuan yang dipersyaratkan untuk mengemban tugasnya dengan baik.

“Itu sebabnya, setelah mendapat pembekalan, para prajurit diharapkan mampu mewujudkan prestasi di lapangan,” ujar Danrem.

Danrem pun mengingatkan kepada seluruh personel Satgas Pengamanan Pulau-pulau Kecil Terluar untuk menghindari terjadinya pelanggaran disiplin murni.

“Pelanggaran itu yang dapat dikategorikan tindak pidana militer insubordinasi, desersi, perkelahian antara sesama prajurit TNI/Polri, tindakan asusila serta narkoba, sehingga akan merugikan diri kalian sendiri dan keluarga serta mencoreng nama baik satuan, lebih khusus citra TNI AD di mata masyarakat,” tegas Danrem.

Diketahui, Satgas rencananya akan diberangkatkan pada hari ini ke wilayah tugas masing-masing, yaitu pulau-pulau kecil terluar di Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina.

Untuk masing-masing wilayah, para Dandim sekaligus menjabat Dansatgas, yaitu Dansatgas Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP dan Dansatgas Kodim 1312/Talaud Letkol CZi Irwan Guptarohman.

Brigjen TNI Prince Meyer Putong pun berpesan agar Satgas dapat melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan prosedur yang berlaku, tapi tidak lalai menjalankan protokol kesehatan.

“Adakan monitoring terhadap perkembangan situasi secara terus menerus selama melaksanakan tugas. Jangan lupa, dalam setiap kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan,” pungkas Danrem.

Turut hadir dalam upacara tersebut, Kasrem 131/Santiago Kolonel Arm Franky Watuseke, para asisten Kodam XIII/Merdeka, mewakili Karo Ops Polda Sulut AKBP Sigit Ali Ismanto SIK, para Kasi Korem 131/Santiago, para Dandim, para Balak Ajudam XIII/Merdeka dan para jurnalis.

(srisurya)

Komentar