Kembalikan Kejayaan Cengkeh di Maluku, Danlantamal IX Tanam Bibit Cengkeh Bersama IPPMAP dan Moluccas Coastal Care

JurnalPatroliNews – Ambon – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T. M.Tr. Opsla bersama IPPMAP dan LSM Moluccas Coastal Care melaksanakan penanaman bibit cengkeh pada Minggu (09/07/2023).

Cengkeh merupakan tanaman rempah khas Indonesia yang menjadi salah satu komoditas ekspor Indonesia dan menjadi primadona di pasar dunia. Kondisi geografis yang mendukung, Maluku menjadi produsen cengkeh terbesar di dalam negeri, yakni 20.454 ton. Maluku juga memiliki salah satu jenis tanaman cengkeh terbaik. 

Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina melihat sektor pertanian dan perkebunan di Maluku terutama cengkeh memiliki potensi yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan untuk mengembalikan kejayaannya.

Dibawah guyuran hujan yang membasahi Negeri Pelauw, Brigjen Said Latuconsina bersama Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Pelauw (IPPMAP) dan Moluccan Coastal Care (MCC) tak patah arang untuk berupaya meningkatkan, mengembangkan dan mengembalikan kejayaan cengkeh di Maluku dengan menanam bibit cengkeh.

Dalam sambutannya, Danlantamal IX mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah bersama-sama bekerjasama mensukseskan acara. “Terimakasih banyak atas kerjasama penanaman bibit cengkeh pada hari ini berjalan dengan lacar ditengah guyuran hujan,” ujarnya.

“Apresiasi yang besar, saya berikan kepada IPPMAP dan MCC yang penuh semangat telah memprakarsai acara ini, penanaman cengkeh ini kita harapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, semoga 5 sampai dengan 10 tahun kedepan apa yang kita lakukan pada hari ini memberikan manfaat dan hasilnya dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” ucapJenderal Bintang Satu tersebut. 

Lebih lanjut disampaikan bahwa acara serupa bisa terus berlanjut di semua wilayah Maluku, memanfaatkan lahan-lahan kosong atau lahan yang sudah lama tidak terurus, hijaukan kembali dengan pohon cengkeh. “Lantamal IX siap membantu dan bekerjasama dengan pihak manapun yang memiliki perhatian terhadap pemberdayaan wilayah baik sektor pertanian, perkebunan maupun sektor kelautan,” tambahnya.

Kegiatan penanaman bibit cengkeh tersebut juga didukung dan difasilitasi oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Bapak R.E. Latuconsina, bersama tokoh masyarakat Negeri Pelauw.

Turut hadir juga pada acara tersebut, antara lain para Pejabat Utama Lantamal IX, Ketua Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III beserta Pengurus, Sekjen dan Pengurus IPPMAP, Camat Pulau Haruku beserta staf, Danramil Pulau Haruku, Kapolsek Pulau Haruku, Moluccas Coastal Care, dan tokoh masyarakat negeri Pelauw. 

Komentar