Kesiapan Prajurit Penugasan, Yonarmed 11 Kostrad Latihan Long Malap

JurnalPatroliNews – Magelang – Seluruh Anggota Yonarmed 11/GG/2/2 Kostrad melaksanakan kegiatan latihan Long Malap (Pertolongan pertama di lapangan) yang di laksanakan bertempat di lapangan Apel Yonarmed 11/GG/2/2 Kostrad, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Senin (05/02/2024).

Dimana setiap anggota harus mampu menguasai materi ini agar dapat memberi bantuan dengan cepat dan tepat sehingga korban dapat bertahan sampai ketempat pertolongan selanjutnya di puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

Long malap ini berbagai macam antar lain menilai korban atau penderita, patah tulang, keracunan gas, kecelakaan listrik dan luka gigitan ular berbisa kemampuan ini harus benar-benar di miliki oleh seorang prajurit dengan bimbingan pelatih yang sudah menguasai di bidang kesehatan.

Materi yang di berikan tentang TCCC atau Pertolong Taktis Korban Tempur yaitu serangkaian tindakan yang dilakukan untuk menolong korban tempur agar terhindar dari kematian dan mencegah terjadinya korban lain/banyak korban.

TCCC bukan hanya berfokus pada penanganan medis tapi juga pada pengamanan, penilaian situasi dan resiko.

Danyonarmed 11 Kostrad Letkol Arm Gde Adhy Surya Mahendra S.I.Pem menyampaikan “Tujuan dari latihan long malap ini adalah agar prajurit mampu mengatasi pertolongan pertama bagi korban yang membutuhkan sehingga tidak bergantung pada Tim Medis, untuk menghadapi dan mendukung tugas-tugas operasi militer maupun tugas kemanusiaan.” Ujarnya.

Komentar