Kodam XVIII/Kasuari, Peringati Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”

JurnalPatroliNews – Manokwari – Kodam XVIII/Kasuari yang dipimpin Kapoksahli Pangdam, Brigjen TNI Juniras Lumban Toruan, S.Sos., M.Si., menggelar peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023, dilapangan Rumkit TK. III J.A Dimara, Manokwari, Papua Barat, pada Selasa (19/12/2023).

Dalam amanat tertulis Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang disampaikan oleh Kapoksahli Pandam mengatakan bahwa tantangan ke depan semakin tidak terduga.

“Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara. Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu.,” ucanya.

Disamping itu, semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan seharihari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara”.

“Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk, dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia Maju, Bersatu, Berdaulat, Mandiri, dan Sejahtera. Aamiin aamiin Ya Rabbal Alamin. Semangat Hari Bela Negara Ke-75 “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju,” kata Joko Widodo dalam amanatnya.

Dalam peringatan ini turut diikuti oleh personel Kodim dan PNS 1801/Manokwari, Brimob Polda Papua Barat, Yonif 761/KA, Fasharkan TNI AL Manokwari, Polres Manokwari, FKPPI Manokwari, Komcad dan Pramuka Saka Wira Kartika.

(Pendam XVIII/Ksr)

Komentar