Penjelasan Ferry Daud Liando Calon Menghalalkan Segala Cara Adalah Calon Memiliki Motivasi Yang Keliru!

JurnalPatroliNews – Manado – KPU Sulut Gelar Media Gathering dengan tajuk Media dan Pemilu 2024 bebas Hoax, Selasa (19/12/23) di Hotel Best Western Lagoon, Bahu Mall kota Manado.

Nara sumber Dr Ferry Daud Liando Spd Msi mengatakan, Pemilu 2024 kemungkinan besar akan sulit terhindar dari dinamika hoax atau penyebaran berita bohong. Salah satu sebab terjadinya hoax adalah motivasi berkuasa yang keliru. Banyak anggapan bahwa jika terpilih pada pemilu maka akan menjadikannya lebih kaya, lebih terhormat dan akan leluasa berkuasa untuk kepentingan pribadi.

Motivasi yang keliru inilah maka banyak calon berusaha menghalalkan segala cara agar terpilih.

“Jika penyebaran hoax tidak dicegah maka ada 3 peristiwa besar yang kemungkinan akan terjadi,” Tutur Liando Dosen Fisip Unsrat

Hal tersebut diantaranya konflik antar peserta, konflik antar pendukung maupun konflik sosial di masyarakat. Konflik bisa terjadi karena proses politik adu domba atau propaganda bohong yang dicipta atau Hoax.

“Jika tidak di cegah maka berpotensi adanya delegitimasi hasil pemilu. Hal ini akan berbahaya, karena bisa saja pendukung atau tim pemenangan dari calon yang kalah akan membuat perhitungan atas kekalahannya itu.

Jikapun hasil pemilu akhirnya dapat di terima, namun dukungan atas pemerintahan yang berkuasa sangat lemah akibat keyakinan masyarakat yang keliru karena penyebaran berita hoax,”. TutupNya.

Komentar