Pangdam Kasuari: Komitmen Dengan Memastikan Penyelenggaraan Pilkada Berjalan Dengan Aman, Tertib, Dan Lancar

JurnalPatroliNews – Manokwari,- Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr(Han)., memberikan paparan terkait kesiapan jajarannya dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya pada tahun 2024, di aula Hotel Aston Niu, Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (22/5/2024). Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, aparat keamanan, dan pejabat Pemerintah Daerah, Pangdam XVIII/Kasuari menegaskan komitmen TNI untuk memastikan penyelenggaraan Pilkada berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Pangdam yang turut didampingi Asops Kasdam dan Kapendam XVIII/Kasuari, dalam paparannya ia menyampaikan bahwa Kodam XVIII/Kasuari telah melakukan berbagai persiapan strategis untuk mendukung suksesnya Pilkada serentak 2024.

“Perlu diketahui bahwa selain melaksanakan Operasi Militer Perang, TNI juga melaksanakan Operasi Militer Selain Perang salah satu diantaranya adalah membantu Pemerintah Daerah serta Kepolisian Republik Indonesia, tugas Kodam XVIII/Kasuari beserta perkuatannya dalam Pilkada yang akan dihadapi kedepannya membantu menangani kerawanan Pilkada mulai dari hari H dan jam J selama kurun waktu tahun 2024 diwilayah Papua Barat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI, beralih ke Operasi selanjutnya atas perintah,” ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa kesiapan jajarannya dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah serentak telah dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu tahap pencegahan, penanganan dan pemulihan dengan memelihara kondisi damai dalam masyarakat serta pencegahan konflik sekecil apapun jangan sampai terjadi.

“Tugas pengamanan ini bukan hanya tugas daripada TNI ataupun Polri namun semua ini adalah tugas bersama seluruh elemen Bangsa yang ada, kami hanya bagian dari unsur pelaksana saja. Kodam dan Polda serta Pemerintah Papua Barat tidak bisa bekerja dengan sendiri-sendiri namun semua butuh sinergi, kolaborasi dan kerjasama diantara semua”.

Komentar