Pangkogab TNI II: Latgab TNI Tahun 2023 Dalam Rangka Menghadapi Ancaman Terhadap Keutuhan NKRI

Latgab kali ini melibatkan 7.500 prajurit dari tiga matra (darat, laut dan udara) dibagi dalam beberapa Komando Tugas (Kogas), diantaranya Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin), Komando Tugas Gabungan Lintas Udara (Kogaslinud), Komando Tugas Darat Gabungan (Kogasratgab), dan Satuan Tugas Pendukung Pasukan Khusus (Satgasduk Passus).

Lebih lanjut Pangkogab TNI II menjelaskan bahwa latihan ini memiliki makna yang penting dalam mendukung tugas pokok TNI. ‘’Pada saat pelaksanaan manuver lapangan dibutuhkan kesiapan serta perencanaan yang detail, lengkap dan terinci, dengan didukung kemampuan dan keterampilan prajurit yang handal, sehingga nantinya manuver lapangan dapat terlaksanan dengan baik, aman dan lancar’’, jelas Marsekal bintang tiga ini.

Mengakhiri amanatnya, Marsdya TNI Andyawan Martono menyampaikan bahwa apel gelar pasukan yang diselenggarakan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Latgab TNI setelah sebelumnya telah dilaksanakan Latposko tanggal 16 s.d 22 Juli di Sesko TNI dan dilanjutkan dengan TFG, dan saat ini tahap Manlap. “Nanti dipuncak latihan akan disaksikan oleh Presiden RI, Panglima TNI dan Kas Angkatan” kata Pangkogab TNI II.

Komentar