Penuhi Kebutuhan Babinsa, Pangdam XII/Tpr Beri Pembekalan Siswa Dikprabinsa

JurnalPatroliNews, Kalbar – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memberikan pengarahan kepada Siswa Pendidikan Prabinsa abituren pendidikan kejuruan Tamtama TNI AD Gelombang II TA 2019 (OV) di Sport Center Dodik Bela Negara Rindam XII/Tpr, Singkawang, Selasa (25/8/20)

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad saat memberikan arahan menyampaikan, berkaitan dengan penugasan prajurit yang akan menjadi Babinsa, ini adalah salah satu kebijakan Pimpinan Angkatan Darat dalam rangka mengisi kekosongan Babinsa di wilayah Kodam XII/Tpr. Maka untuk abituren Secata tahun tahun ini diproyeksikan untuk memenuhi satuan – satuan teritorial.

“Kondisi koramil kita saat ini masih kurang personel sehingga dengan ada penambahan Babinsa baru dengan pangkat Prajurit Dua ini akan mengurangi beban Koramil. Ada perkuatan tenaga baru untuk mengisi pos – pos Babinsa dimana sekarang ini Koramil sebagai ujung tombak teritorial kita,” ujar Pangdam XII/Tpr.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, tugas menjadi Babinsa akan banyak bersinggungan dengan masyarakat. Untuk itu diperlukan mental yang kuat agar tidak menjadi persoalan nantinya di desa. Oleh karenanya akan dilakukan pendampingan terlebih dahulu.

“Sehingga pada saat nanti kalian bertugas menjadi Babinsa tidak ada satupun hambatan maupun ganjalan. Karena berkaitan dengan pembinaan teritorial ini akan banyak bersinggungan dengan masyarakat,” kata Pangdam.

Selanjutnya Pangdam juga menyampaikan, bahwa lulusan Dikprabinsa nantinya akan ditempatkan di wilayah Kotama masing – masing. Tidak ada yang akan keluar dari wilayah Kodam XII/Tpr. Hal ini diharapkan para prajurit lulusan Dikprabinsa ini nantinya dapat membangun di daerah masing-masing.

“Tunjukan bahwa kalian nanti memang pemuda yang terpilih, pemuda yang dengan suka rela menjadi prajurit dan menjadi garda terdepan didalam melaksanakan pembinaan di desa,” tegas Pangdam.

Pangdam XII/Tpr berharap bekal ilmu yang sudah diberikan selama dalam pendidikan, baik ilmu militer maupun ilmu sosial kemasyarakatan nantinya dapat diterapkan saat masuk satuan.

“Semua bekal yang telah diberikan disini agar diterapkan nantinya di satuan. Pedomani Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan 8 wajib TNI itulah bentengmu setelah kalian lulus nanti,” pesan Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad.

(Y@)

Komentar