Rik Siap Ops Pamtas RI-Malaysia Yonarmed-19

JurnalPatroliNews – Pendam XIII/Merdeka. Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI A. Denny Tuejeh melaksanakan pemeriksaan kesiapan operasi pengamanan perbatasan darat Indonesia-Malaysia Satgas Yonarmed 19-105/Tarik, sekaligus memberikan pengarahan untuk memotivasi para prajuritnya di Lolak, Bolmong, Rabu (30/3/2022).

Dalam pengarahannya, Mayjen Tuejeh mengatakan bahwa salah satu kegiatan utama pengamanan perbatasan adalah melaksanakan patroli di sepanjang perbatasan, agar oknum pemindah patok batas negara tidak dapat beraksi. Patroli juga dilakukan untuk mengawasi lalu lintas orang dan barang yang keluar masuk wilayah RI-Malaysia, serta mencegah terjadinya penyelundupan narkoba dan pelintas batas ilegal..

“Waspadai jalan-jalan tikus yang ada di setiap wilayah di sepanjang perbatasan. Koordinasikan dengan instansi terkait apabila mendapati aktivitas ilegal tersebut,” pesan Pangdam.

Pada dasarnya, barang keluar masuk dari dua negara tetangga yang berbatasan darat tersebut diperbolehkan, tetapi harus resmi, yakni melalui Kantor Bea dan Cukai setempat, sesuai ketentuan yang sudah diatur oleh negara. “Itu adalah bagian dari kedaulatan yang harus dijaga Prajurit TNI,” tegas Mayjen Tuejeh.

Komentar