Satukan Pola Pikir Hadapi Tantangan Tugas Ke Depan, TNI AL Gelar Rapat Koordinasi Intelijen Tahun 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dalam rangka menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak dalam menghadapi tantangan tugas ke depan, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Intelijen TNI AL tahun 2024 yang dibuka oleh Asisten Intelijen Kepala Staf Angkatan Laut (Asintel Kasal) Laksamana Muda TNI Akmal bertempat di Candi Bentar Hall, Jakarta Utara, Kamis (07/03).

Rapat koordinasi yang mengambil tema “Soliditas dan Profesional Intelijen Dalam Rangka Mendukung Pertahanan Laut yang Tangguh Untuk Indonesia Maju” ini merupakan agenda penting yang diselenggarakan setiap tahun sebagai media untuk berkomunikasi dan berkoordinasi sekaligus sebagai sarana untuk menyampaikan kebijakan pemerintah, pimpinan TNI dan TNI AL, khususnya dalam bidang intelijen.

Asintel Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari Rakor Intelijen ini adalah memberikan gambaran kegiatan, operasi dan latihan yang dilaksanakan pada tahun 2023 dan proyeksi kegiatan, operasi dan latihan di tahun 2024 serta memberikan ruang berdiskusi dalam rangka kemajuan sandi, siber intelijen, penerangan sesuai perkembangan ilmu dan teknologi saat ini.

Lebih lanjut Asintel Kasal menjelaskan penekanan yang diberikan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, dan kebijakan Panglima TNI yang disampaikan pada saat Rapim TNI-Polri, di mana TNI – Polri harus jadi bagian penting untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

“Oleh karena itu, TNI – Polri harus mampu melaksanakan deteksi dan mengambil langkah antisipatif terhadap setiap ancaman”, tandas Asintel Kasal.

Terselenggaranya kegiatan rapat koordinasi tersebut selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) TNI AL untuk mewujudkan prajurit yang profesional, modern, dan tangguh guna menghadapi tantangan ke depan yang semakin kompleks.

Rapat sehari yang dilaksanakan ini, diikuti para Pejabat maupun perwira jajaran Intelijen satuan TNI AL di seluruh tanah air.

Komentar