Serbuan Vaksinasi Lanud Pattimura Ambon, Lanjutkan Sasar 70 Kelompok Usia Remaja

JurnalPatroliNews Jakarta – Setelah serbuan vaksinasi usia remaja tahap I digelar pada pertengahan Juli 2021, Lanud Pattimura kembali menggelar serbuan vaksinasi kelompok usia remaja tahap II.

Serbuan vaksinasi Covid-19 kali ini dilaksanakan di SMA Angkasa Lanud Pattimura, Laha. Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, M.Sc., M.Si (Han), didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cab.7/D.III Ny. Elisabeth Dhewo, ikut meninjau langsung jalannya serbuan vaksinasi, Sabtu, (7-8-2021).

Vaksinasi mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tentang percepatan vaksinasi Covid-19 bagi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, yang tertuang dalam Surat Edaran nomor HK.02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 bagi Masyarakat Rentan, Masyarakat Umum Lainnya, dan Anak Remaja Usia 12-17 tahun.

Serbuan vaksinasi juga mengacu rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait pemberian vaksin Covid-19 pada anak dan remajs. Dalam surat tersebut, IDAI merekomendasikan bahwa dapat dilakukan percepatan vaksinasi Covid-19 pada anak menggunakan vaksin Covid-19 inactivated buatan Sinovac, karena sudah tersedia di Indonesia dan sudah ada uji klinis fase 1 dan 2 yang hasilnya aman.

Sebelum memulai vaksinasi, Kepala Kesehatan Lanud Pattimura Letda Kes dr. Fahmi terlebih dahulu membagikan pengetahuan kepada anak-anak SMP & SMA Angkasa Lanud Pattimura tentang pengertian vaksin dan juga menjelaskan tentang manfaat vaksin yang diantaranya merangsang sistem kekebalan tubuh,

mengurangi resiko terjadi penularan, ketika tertular penyakit dampaknya tidak berat, dan guna mencapai herd imunity/kekebalan imunitas kelompok. Selain itu, tujuan diadakannya vaksinasi adalah untuk melaksanakan program pemerintah dalam mengurangi jumlah kasus terinfeksi Covid-19 pada kelompok usia anak dan remaja.

Harapan dari penjelasan tersebut adalah agar para siswa mengetahui dan paham tentang arti vaksin, dan pengetahuan ini juga dapat dibagikan ke teman yang lainnya.

Kedepannya tim Sikes Lanud Pattimura akan mengadakan kegiatan serbuan vaksinasi kembali dengan sasaran desa binaan dan kelompok masyarakat yang belum melaksanakan vaksin.

Vaksinasi hari ini berhasil memvaksin 70 orang, diantaranya 55 orang siswa-siswi SMP dan SMA Angkasa Lanud Pattimura, 1 personel Lanud Pattimura dan 14 masyarakat umum. Para siswa SMP & SMA Angkasa Lanud Pattimura tampak semangat saat akan disuntik vaksin oleh tim Sikes Lanud Pattimura. Kegiatan vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar, baik sebelum maupun sesudah pelaksanaannya.

Komentar