Ster Mabes TNI Gelar Pekan Pancasila di Wilayah Kodim 0101/KBA

JurnalPatroliNews – Banda Aceh – Dengan mengusung tema “Tumbuhkan Semangat Patriotisme dan Nasionalisme Dengan Tetap Berpedoman Kepada Nilai-Nilai Luhur Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia” Staf Teritorial Mabes TNI yang dipimpin oleh Kolonel Inf Jacky Ariestanto, S., Sos., M. Sos, (Paban III/Tahwil Ster TNI), Menggelar Pekan Pancasila di Wilayah Kodim 0101/KBA, Kamis (10/08/2023). 

Berlangsung di Aula Lantai 4 Gedung Mawardi Nurdin, Balai Kota Banda Aceh, Jalan T. Abu Lam U, Nomor 7, Gampong Baro, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh kegiatan diikuti ratusan orang peserta dari perwakilan TNI-Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas Kepemudaaan, Organisasi Keluarga Besar TNI (KBT), Pelopor Kampung Tangguh Pancasila, Mahasiswa dan Pelajar SMA.

Dalam Sambutan Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI yang dibacakan oleh Paban III/Tahwil Ster TNI, Kolonel Inf Jacky Ariestanto, S., Sos., M. Sos  mengatakan bahwa pada era globalisasi saat ini, Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar tumbuh dan berkembang dengan dilandasi jiwa serta semngat nasionalisme dalam meraih cita-cita dan masa depan bangsa yang mempunyai prinsip senasib sepenanggungan, rela berkorban untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan yang dibangun ke arah indonesia yang lebih baik dengan mengedepankan kearifan lokal.

“Globalisasi adalah Era dimana tiap orang memiliki kebebasan dalam bidang politik, Ekonomi,Maupun sosial Budaya,dimana kebebasan tersebut sering disalah artikan oleh sebagian orang.” terangnya.

“Tiap kali kebebasan tersebut tidak mencerminkan nilai-nilai pancasila yang menjadi pedoman bagi bangsa indonesia untuk kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat. nilai-nilai dalam pancasila seiring dengan waktu ditinggalkan serta dilupakan dan malah diganti oleh paham-paham barat seperti paham Liberal, Komunis maupun Sosialis yang sangat berbeda bagi identitas bangsa indonesia.” tambahnya.

Maka dari itu paham-paham tersebut tidaklah sama dengan tujuan bangsa indonesia yang tertera dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. di era globalisasi ini peran pancasila tentulah sangat penting untuk tetap menjaga eksistensi kepribadian bangsa indonesia.

Komentar