Tingkatkan Kerjasama Bidang Operasi, TNI AL Laksanakan Courtesy Call Kepada FOC-in-C ENC Dan Bilateral Meeting Dengan Royal Australian Navy Pada Latma Milan 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Pada kegiatan Harbour Phase hari pertama Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan 2024, Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Amrin Rosihan Hendrotomo, S.E., selaku Ketua Delegasi (Head of Delegation/HoD) TNI AL, melaksanakan Courtesy Call kepada Flag Officer Commander in Chief (FOC-in-C) Eastern Naval Command (ENC), Vice Admiral Rajesh Pendharkar, AVSM, VSM, di Eastern Naval Command Headquarter, Visakhapatnam, India, Selasa (20/02) kemarin.

FOC-in-C ENC dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas partisipasi aktif dari TNI AL pada Latma MNE Milan 2024. Menanggapi hal tersebut, Danguspurla Koarmada II yang didampingi oleh Athan RI untuk India, Laksamana Pertama TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si. juga menyampaikan apresiasi atas sambutan dan keramahan Indian Navy selama menjadi tuan rumah Latma MNE Milan 2024, serta berharap Latma MNE Milan 2024 dapat berjalan dengan sukses dan dapat mempererat hubungan kerjasama dari negara-negara peserta latihan.

Selain itu, Danguspurla Koarmada II juga melaksanakan pertemuan Bilateral dengan Royal Australian Navy (RAN), dimana Danguspurla Koarmada II melaksanakan tatap muka dan diskusi singkat dengan HoD RAN, Rear Admiral Christopher Smith, AM, CSM, RAN.

Dalam Bilateral Meeting ini, kedua belah pihak berdiskusi tentang kemajuan hubungan kedua Angkatan Laut di bidang operasi, latihan, dan pendidikan. RAN secara khusus menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan latihan submarine rescue, dan berharap kerjasama tersebut dapat tetap berlanjut dan dapat ditingkatkan.

Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan merupakan Latihan Bersama Multilateral yang dilaksanakan setiap dua tahun antara Indian Navy dengan negara-negara sahabat sejak tahun 1995, dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama dan profesionalisme militer serta menambah pengetahuan dan pengalaman dalam melaksanakan operasi laut melalui Latihan Multilateral yang berskala besar di laut.

Keterlibatan TNI AL dalam Latma MNE Milan 2024 merupakan salah satu program TNI AL dengan Indian Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerja sama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL yang sesuai dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Komentar