Inovasi Terbaru, Apple: Siapkan Perubahan Drastis untuk Seri iPad?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Apple bersiap untuk melakukan rombakan besar dengan memberikan sentuhan total pada seri iPad mereka, yang dijadwalkan akan dimulai tahun depan. Langkah ini diambil untuk mengurangi kebingungan di kalangan konsumen dan menghidupkan kembali minat pembeli terhadap iPad yang mengalami penurunan penjualan.

Rencananya, dua model baru, yakni iPad Pro dan iPad Air, akan meluncur pada bulan Maret tahun depan. Menariknya, Apple memilih untuk tidak merilis iPad baru sepanjang tahun 2023.

Data penjualan menunjukkan penurunan sebesar 3% dari tahun fiskal 2022 ke tahun fiskal 2023, menyusul penurunan 8% pada tahun sebelumnya. Pada kuartal keempat fiskal, pendapatan dari iPad bahkan merosot 10% secara tahunan, sesuai dengan prediksi Apple yang memperkirakan penurunan dua digit pada segmen iPad dan Mac.

Apple bertekad membuat perbedaan yang jelas antar model iPad, sambil merencanakan pembaruan signifikan. Saat ini, jajaran iPad Apple mencakup dua ukuran iPad Pro, iPad Air, iPad generasi ke-10, iPad generasi ke-9, dan iPad mini, dengan variasi aksesori seperti keyboard, Apple Pencil, dan pengisi daya tergantung pada model yang dipilih konsumen.

Keanekaragaman seri iPad dianggap membingungkan dibandingkan dengan produk Apple lainnya. Oleh karena itu, Apple berencana untuk menyederhanakan struktur mereka dengan menjadikan iPad Pro sebagai model teratas, iPad Air sebagai model menengah, dan iPad generasi ke-11 sebagai model paling dasar, pada Selasa (12/12/23).

Beberapa perubahan yang diantisipasi pada iPad Pro termasuk peningkatan layar, penggunaan chip M3, desain baru, dan diluncurkannya Magic Keyboard baru yang eksklusif hanya untuk iPad Pro.

Sementara itu, iPad Air yang baru disebutkan akan hadir dalam dua ukuran layar yang berbeda dan menggunakan chip M2.

Apple juga berencana merilis versi terbaru dari iPad mini serta iPad generasi ke-11, yang kemungkinan akan menggantikan versi generasi kesembilan. Namun, jadwal rilis belum diungkapkan dalam laporan tersebut.

Hingga saat ini, belum ada tanggapan resmi dari pihak Apple terkait perubahan besar yang mereka rencanakan untuk merk iPad.

Komentar