Layanan Google Tambahkan AI Generatif untuk Youtube, Ini Detailnya

JurnalPatroliNews – Jakarta – AI Generatif telah muncul di banyak aplikasi dan layanan Google. Salah satu yang baru-baru ini mendapatkan kemampuan AI Generatif adalah platform berbagi video, YouTube.

Dalam postingan blognya, perusahaan telah merinci bagaimana AI Generatif akan membuat pengalaman pengguna dalam menggunakan YouTube menjadi lebih baik.

Dapatkan ringkasan komentar di YouTube

Google mengatakan bahwa mereka sedang bereksperimen dengan AI yang mengatur “large comment sections dari video berdurasi panjang ke dalam tema yang mudah dicerna.”

Ini mengacu pada kasus ketika ada ribuan atau ratusan komentar dan pengguna yang ingin membacanya kerap kebingungan sehingga sulit untuk berpartisipasi. AI akan membantu mereka memahami dan berpartisipasi dalam percakapan komentar.

“Selain itu, topik diambil hanya dari komentar yang dipublikasikan dan tidak dapat dibuat dari komentar yang disimpan untuk ditinjau, berisi kata-kata yang diblokir, atau berasal dari pengguna yang diblokir,” kata Google dalam postingan blognya.

YouTube telah menerapkan AI ini dalam konten video dari channel Mr. Beast. Pada bagian komentar konten video tersebut, AI menghasilkan topik-topik seperti “Lazarbeam seharusnya ada di lebih banyak video”, “tidak ada kapal selam”, dan “tantangan 7 hari lainnya”. AI ini akan berjalan pada sejumlah kecil video dalam bahasa Inggris dengan bagian komentar yang besar.

Dapatkan jawaban atas pertanyaan apa pun yang Anda miliki tentang video

Eksperimen lain yang dilakukan Google di YouTube adalah alat AI percakapan. Alat ini memungkinkan Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan tentang video yang Anda tonton, rekomendasi konten terkait, dan banyak lagi. Semuanya tanpa mengganggu pemutaran.

“Untuk video akademis tertentu, alat ini dapat membantu perjalanan pembelajaran dengan memberikan kuis dan tanggapan yang mendorong pemahaman lebih dalam,” kata Google dalam postingan blognya.

Google memberikan disclaimer bahwa “fitur ini bersifat eksperimental dan kami mungkin tidak selalu melakukannya dengan benar.”

Kedua fitur AI ini akan tersedia untuk sejumlah kecil pengguna dan di sebagian video. Dalam beberapa minggu mendatang pengguna YouTube Premium dengan perangkat Android akan dapat mendaftar untuk mencobanya.

Komentar