Microsoft Melampaui Apple dalam Kapitalisasi Pasar, Tembus Rp 44.922 Triliun

JurnalPatroliNews – Amerika Serikat – Microsoft berhasil menggeser Apple dari posisi teratas dalam kapitalisasi pasar pada Jumat, 12 Januari 2024. Menutup sesi perdagangan di bursa Amerika Serikat (AS) dengan kapitalisasi yang mengesankan, perusahaan milik Bill Gates ini berhasil mengatasi rivalnya, Apple.

Kejadian ini terjadi setelah Microsoft menguasai puncak sebagai pembuat iPhone selama perdagangan intraday pada hari Kamis sebelumnya.

Saham Microsoft mengalami kenaikan lebih dari 3% selama minggu tersebut, mengangkat kapitalisasi pasar perusahaan menjadi US$ 2,89 triliun atau sekitar Rp 44.922 triliun. Di sisi lain, saham Apple mengalami penurunan lebih dari 3%, menurunkan valuasinya menjadi US$ 2,87 triliun.

Pada hari Rabu sebelumnya, analis Redburn Atlantic Equities, James Cordwell, menurunkan peringkat Apple dari beli menjadi netral. Dia memberikan beberapa alasan, termasuk “sedikit ruang untuk kenaikan selama beberapa tahun ke depan” dalam pertumbuhan iPhone dan “kuartal Maret yang mengecewakan.”

Sebagai tambahan informasi, Apple juga mengumumkan pada hari Kamis bahwa mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore, akan pensiun dari dewan perusahaan bulan depan setelah menjabat sebagai direktur sejak tahun 2003. Sementara itu, Microsoft mendapatkan dukungan publik setelah membahas kemampuan kecerdasan buatannya pada acara di San Francisco pada hari Kamis.

Menurut analis Piper Sandler, momentum seputar produk kecerdasan buatan (AI) yang paling matang mendorong Microsoft, sementara lalu lintas situs web GitHub juga telah meningkat selama tiga bulan berturut-turut.

Apple telah memegang posisi sebagai perusahaan publik paling bernilai selama lebih dari setahun, namun, dalam periode singkat ini, posisinya digeser oleh Saudi Aramco dan Microsoft. Perkembangan ini menandai pergeseran penting dalam lanskap perusahaan teknologi dan keuangan global.

Komentar