Wow! Fitur Emoji AI dan Kustomisasi Aplikasi Akan Hadir di iOS 18

JurnalPatroliNews – Jakarta – Apple dikabarkan akan memperkenalkan fitur baru untuk sistem operasi iOS 18 pada konferensi pengembang WWDC 2024 yang akan datang. Di antara fitur-fitur baru tersebut, terdapat emoji yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) dan opsi kustomisasi aplikasi.

Menurut laporan dari Analis Bloomberg, Mark Gurman, yang dikutip oleh Engadget pada hari Senin, Apple sedang mengembangkan perangkat lunak yang memungkinkan pembuatan emoji berdasarkan deskripsi pengguna.

Selain itu, pengguna iPhone akan dapat melakukan kustomisasi pada aplikasi dan layar beranda mereka, termasuk mengubah warna ikon aplikasi dan pengaturan lainnya dengan lebih mudah.

Banyak spekulasi tentang rencana AI Apple menjelang WWDC 2024, yang akan dimulai pada 10 Juni 2024. Gurman memprediksi bahwa Apple mungkin tidak akan mengumumkan terobosan besar terkait AI dalam acara tersebut, namun lebih fokus pada penerapan praktis teknologi ini.

Apple diperkirakan akan mengumumkan kemitraan dengan OpenAI dan memperkenalkan implementasi teknologi AI pada fitur-fitur perangkatnya seperti mesin pencarian Safari, asisten virtual Siri, penyuntingan foto, dan transkripsi memo suara.

Selain itu, Apple mungkin juga akan memperkenalkan fitur ringkasan pintar untuk notifikasi, halaman web, dan lainnya.

Diketahui, Apple akan bekerja sama dengan OpenAI, pencipta ChatGPT, untuk mengembangkan fitur AI di iOS 18. Saat ini, Apple juga sedang mengembangkan model bahasa besar mereka sendiri untuk memperkuat fitur-fitur di iOS 18. Pembicaraan dengan OpenAI berfokus pada teknologi chatbot dan komponen mesin pencarian.

Selain OpenAI, Apple juga sedang dalam tahap pembicaraan dengan Google untuk mendapatkan lisensi Gemini, chatbot AI yang dikembangkan oleh Google, untuk diintegrasikan ke dalam iOS 18.

Komentar