Mengapa China Ditinggalkan? Pabrik iPhone Memilih India Sebagai Basis Baru

JurnalPatroliNews – India – Bocoran soal iPhone 16 mulai bertebaran di internet. Padahal, iPhone 15 baru saja meluncur beberapa bulan sejak September lalu.

Terbaru, Apple dilaporkan meminta para vendor penyuplai untuk memprioritaskan produksi baterai iPhone 16 ke India. Keputusan itu demi mengurangi ketergantungan ke China.

Selama ini, China merupakan markas fasilitas produksi iPhone. Namun, kondisi geopolitik dan hambatan produksi akibat Covid-19 membuat Apple mulai gencar berinvestasi ke India.

Apple juga disebut telah menggandeng beberapa mitra untuk menggenjot produksi iPhone 16. Penyuplai dari Jepang dikatakan telah sepakat untuk menyediakan fasilitas seluas 728 ribu meter persegi di area Haryana.

Sebelumnya, Financial Times telah melaporkan bahwa Apple akan memindahkan proses manufaktur baterai iPhone 16 dari China ke India. Untuk itu, pembuat komponen seperti Desay mulai membangun fasilitas di India. Simplo Technology dari Taiwan juga bersiap memindahkan pabriknya dari China ke India.

Wakil Menteri Teknologi dan Informatika India, Rajeev Chandeasekhar mengatakan pembuat baterai asal Jepang, TDK, telah berinvestasi untuk fasilitas di India.

Ia mengatakan fasilitas di India akan digunakan untuk memproduksi baterai iPhone ‘Made in India’, dikutip dari 91mobiles, Kamis (7/12/2023).

Setelah fasilitas tiga perusahaan siap beroperasi di India, TDK akan membuat komponen baterainya, sementara itu Desay dan Simplo akan meramunya menjadi baterai. Terakhir, baterai iktu akan dirakit oleh Foxconn dan Tata untuk dimasukkan ke iPhone.

Chandrasekhar mengatakan hal ini akan memperkuat ekosistem manufaktur perangkat elektronik di India dan menambah nilai untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dengan gaji layak.

iPhone 16 dikatakan akan menggunakan prosesor A17 Pro dengan RAM 6GB. Untuk varian reguler, layarnya 6,12-inci. Kameranya 48MP+12MP, sementara di bagian depan 12MP. Adapun kapasitas baterainya 3.449 mAh. Namun, berbagai bocoran ini belum dikonfirmasi langsung oleh Apple.

Komentar