Rencana Ambisius! Google Buka-Bukaan Soal zero carbon’ 2030

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Google memiliki rencana ambisius untuk bisa melaksanakan operasional ‘zero carbon’ di perusahaannya. Upaya itu dilakukan hingga tahun 2030 mendatang untuk turut memerangi perubahan iklim.

Di Google, kami menetapkan net zero pada 2030 mendatang,” kata Putri Alam selaku Director of Government Affairs and Public Policy Google Indonesia dalam acara Indonesia Sustainibility Forum, di Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Namun untuk mencapai cita-cita itu, Putri menjelaskan Google tak bisa berjalan sendiri. Perlu pihak lain untuk dapat membantu raksasa teknologi tersebut mewujudkannya.

“Setelah mulai dari kami sendiri, lalu kami bekerja sama dengan partner. Kami membuat tools, solution, cloud, dan membantu pihak lain untuk menjalani perjalanan ini bersama-sama,” imbuh Putri.

Perjalanan Google sebenarnya dilakukan bertahap. Mulai dari target netral karbon hingga menyeimbangkan jejak karbon yang dilakukan selama belasan tahun terakhir.

“2007 mencapai target netral karbon, 2017 untuk mengimbangi jejak karbon. 2030 kami menetapkan rencana ambisius bisa bebas karbon,” ungkapnya.

Dia menjelaskan untuk masalah ini perlu melakukan identifikasi tiap negara. Termasuk menetapkan solusi yang adaptif dengan kondisi lokal.

Solusi yang adaptif, Putri menjelaskan adalah yang cocok dan realistis untuk tiap negara. Termasuk yang memiliki aksesibilitas dan ketersediaan di sana.

Kolaborasi juga ditekankan Putri untuk dilakukan dalam mendorong keberlanjutan. Menurutnya, kerja sama dengan berbagai pihak memiliki peranan yang penting.

“Jika berbicara konteks lokal, maka itu artinya kemitraan lokal. Jadi kolaborasi adalah kuncinya,” kata Putri.

Komentar