Sambangi LAPAN, Bupati Biak Numfor dan Masyarakat Adat Dukung Pembangunan Bandara Antariksa

  • Whatsapp
Bupati Biak Numfor Papua, Herry Ario Naap (Askara-Dhika)

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Jajaran di lingkungan Pemerintah Daerah Biak Numfor bersama Ketua DPRD, tokoh adat dan agama menyambangi kantor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Jakarta. 

Bupati Biak Numfor Papua, Herry Ario Naap mengatakan, kedatangan pihaknya ke LAPAN untuk membahas pembangunan bandara antariksa.

Bacaan Lainnya

Pihaknya, kata dia, menyampaikan kesediaan dan dukungan pada pemerintah pusat, khususnya LAPAN dalam pembangunan bandara antariksa di Kabupaten Biak Numfor.

“Kami agendakan dalam pertemuan kami hari ini, yang pertama pemberian dukungan, komitmen, untuk siap Biak Numfor siap untuk pembangunan bandara antariksa,” kata Herry Ario Naap di kantor LAPAN, kawasan Rawangun, Jakarta Timur, Jumat (12/3).

Pemerintah Daerah Biak Numfor juga melakukan diskusi secara tertutup bersama pihak LAPAN mengenai tanggung jawab pemerintah daerah sehingga upaya pembangunan berjalan lancar.

“Kedua, kami juga berdiskusi,apa yang menjadi tanggung jawab, secara khusus pemerintah daerah, provinsi, pemerintah pusat maupun investor yang akan membangun bandara antariksa di bandara Biak Numfor,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat Biak Numfor sehingga mampu memberikan penjelasan tentang dampak positif dari pembangunan tersebut.

“Yang ketiga, bagaimana harus ada sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat. Untuk memberikan pemahaman tentang dampak positif atau negatif dari pembangunan bandara antariksa,” tutur Ario.

Tak lupa yang menjadi pembahasan ialah terkait hak-hak maupun keberpihakan kepada masyarakat. Biak secara khusus dan masyarakat memiliki hak layak tempat dalam pembangunan bandara antariksa tersebut.

“Yang keempat, adalah apa yang menjadi hak-hak itulah yang kami sampaikan dalam pertemuan tadi,” ungkapnya.

Harapan dengan hadirnya bandara antariksa, mampu mendorong sumber daya manusia Biak Numfor berdaya saing di bidang antariksa. Serta mendapat pengetahuan dan pembekalan yang cukup.

“Saya optimistis dengan hadirnya bandara antariksa ke depan anak-anak. Terutama generasi penerus Biak pasti ada yang akan konsen atau serius sekolah di jurusan-jurusan khusus dan akan terlibat,” harapnya.

Sebagai komitmennya sebagai Bupati dan Pemda Biak Numfor bersama DPRD serta LAPAN, pastinya mempersiapkan sumber daya manusia maupun masyarakat Papua untuk terlibat.

“Sehingga berperan aktif bukan saja sebagai penonton di dalam hadirnya bandar antariksa,” tandasnya.

Pembangunan tahap pertama akan berjalan pada tahun 2021 sekaligus untuk mengurus analisi dampak lingkungan.

(askara)

Pos terkait