Ribuan Peserta Bakar Ikan FPSL 2022 Pecahkan Rekor Asia

JurnalPatroliNews – Bitung – Sub iven Bakar Ikan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2022 berhasil memecahkan rekor Asia, Jumat (7/10/2022).

Iven bakar ikan yang digelar di sepanjang jalan Sam Ratulangi atau depan Kantor Wali Kota Bitung ini memecahkan rekor Asia Book Of Records The Most Grilled Skipjack.

Rekor yang dipecahkan iven Bakar Ikan adalah rekor Asia ikan cakalang bakar terbanyak dan petugas pembakaran terbanyak di Asia.

Direktur Museum Rekor Asia, Ponijan Liaw menyatakan senang berada di Kota Bitung dan ditemani langsung oleh orang nomor satu di Kota Bitung, Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri serta jajarannya.

“Ikan cakalang bakar terbanyak dan dibakar oleh ribuan orang ini adalah satu contoh untuk mengembangkan pariwisata di Kota Bitung,” kata Ponijan.

Ponijan juga mengakui, dirinya tidak suka makan ikan, apalagi dibakar. Namun hari ini, di Kota Bitung ia membuat rekor sendiri.

“Saya dipaksa makan ikan oleh bapak Wali Kota. Awalnya saya tolak, namun setelah saya mencoba Cakalang malah keseringan makan di saat menilai ikan cakalang bakar buatan Kota Bitung,” katanya.

Usai melakukan penilaian pihaknya langsung memberikan sertifikat Museum Rekor Asia kepada Wali Kota Bitung didampingi Sekretaris Daerah Kota Bitung, Rudy Theno dan Kadis Pariwisata, Pingkan Kapoh.

 “Indonesia pertama kali rekor ini diberikan dari Asia dan mudah-mudahan menjadi semangat bagi masyarakat Bitung mendukung pariwisata di Kota Bitung,” katanya.

Sementara itu Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada Direktur Museum Rekor Asia yang telah hadir dan memberikan penilaian untuk Kota Bitung sebagai ikan cakalang bakar terbanyak di Asia.

“Ini adalah poin bagi kita Kota Bitung kebanggaan tersendiri meraih ikan bakar terbanyak di Asia dengan petugasnya terbanyak,” kata Maurits.

Dengan rekor yang diraih, kata Maurits adalah langkah untuk mengembangkan UMKM di Kota Bitung.

“Jadi dengan rekor ini, masyarakat luar Bitung yang belum mengetahui Kota Bitung ini akan penasaran dan mencari tau Kota Bitung itu dimana,” katanya.

Komentar