Sudah Beroperasi 24 Jam, Bandara Sam Ratulangi Siap Hadapi Tambahan Penerbangan Internasional

JurnalPatroliNews – Manado, — Situasi penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado pada awal tahun 2023 sudah menunjukkan tren positif.

GM PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulani Minggus ET Gandeguai menjelaskan, saat ini kondisinya sudah mulai bergerak naik, apalagi jika dibandingkan dengan masa awal pandemi Covid-19.

Meski jika dibandingkan sejak 2019 kondisi saat ini baru sampai dengan 70 persen, namun ada grafik yang menunjukkan pergerakan naik dibanding tahun 2020 dan 2021.

“Rata-rata sekarang penumpang kita sudah di 4ribuan. Kita berharap masih ada flight flight lain lagi yang bisa meramaikan penerbangan kita di Bandara Sam Ratulangi,” ujar Minggus.

Minggus pun mengungkapkan, per tanggal 1 Februari 2023, Bandara Sam Ratulangi Manado telah kembali beroperasi 24 jam.

Dengan waktu buka bandara yang telah penuh, Minggus berharap hal itu dapat dimanfaatkan dengan maksimal, terutama untuk membangkitkan sektor pariwisata di Sulut.

Minggus pun berharap, jadwal penerbangan Manado-Narita yang telah ada dini dapat terus dijaga sehingga bisa berlangsung secara terus menerus dengan baik.

Minggus menjelaskan, untuk kesiapan Bandara Sam Ratulangi jika jumlah rute penerbangan terus bertambah, khususnya internasional tidak perlu diragukan.

“Kalau dari pihak bandara, saat ini kita sudah siap, bandara beroperasi 24 jam, semua fasilitas ready dan kami semua sudah siap melayani penerbangan dari luar negeri,” ucap Minggus.

Saat ini Bandara Sam Ratulangi memiliki 46 counter check in dan yang dipakai saat ini baru 22, sementara yang lain itu masih standby apalabila nanti terjadi lonjakan atau posisi penerbangan kembali ke 2019.

“Kami suda ready. Dari maskapai juga sudah ada counter check ini online, jadi tidak masalah,” pungkas Minggus.

Komentar