Jejaring Panca Mandala, Harapan Tegaknya Pancasila di Benua Etam

JurnalPatroliNews – Samarinda,-  6 Oktober 2022-Masyarakat Kalimantan Timur yang tergabung dalam Jejaring Panca Mandala (JPM) mendeklarasikan diri bergotong royong membumikan Pancasila di Benua Etam, Kamis (6/10). Di hadapan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasia (BPIP), Prof. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D., Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi, S.Si., M.Si., Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP, Ir. Prakoso, M.M., dan 10 pimpinan daerah lainnya, para JPM berkomitmen menjalankan program konkret untuk masyarakat Kaltim.

JPM yang terdiri dari 5 unsur, Pemerintah, pengusaha, akademisi, organisasi masyarakat, dan media massa ini sebelumnya telah mendapat penguatan pembinaan ideologi Pancasila dari BPIP, mulai 4-5 Oktober 2022 di Kota Samarinda.

Anggota JPM asal Kab. Kutai Kartanegara, Akhmad Akbar Haka Saputra mengaku, dirinya merasa lebih mencintai Indonesia setelah mendapat penguatan dari BPIP.

“Kami anak muda terakhir dapat pelajaran Pancasila itu saya pikir tahun ‘98 ya. Udah 25 tahun ke-delay. Jadi seperti ngerefresh lagi ingatan. Akhirnya kita jadi lebih cinta banget akan Indonesia. Selama ini kita ternyata abai”, ungkap anggota JPM dari unsur dunia usaha ini.

Akbar Haka juga mengaku tergerak melakukan tindakan konkret dalam pengamalan Pancasila di tengah masyarakat bersama dengan anggota JPM lainnya.

“Kita harus jadi orang yang menyerahkan tongkat estafet kepada anak-anak muda. Sekarang ini orang-orang hapal Pancasila, tetapi tidak semua orang memahami dan meresapi nilai-nilai Pancasila itu sendiri. Tugas kita yang ada dalam JPM menjadi jejaring meneruskan tongkat estafet dan saluran informasi bagi teman-teman yang lebih muda atau temen-temen di luar sana”, ungkap Akbar Haka.

Kekuatan gotong royong dipercaya dapat menghasilkan program strategis bagi kebermanfaatan masyarakat di seluruh wilayah Kalimantan Timur. Hal itu yang menjadi keyakinan 11 JPM baru di Kaltim ini.

“Dengan ini kami sepakat membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara, berbangsa, dan bermasyarakat, serta mendukung kolaborasi dan sinergi pembinaan ideologi Pancasila di Provinsi Kalimantan Timur”, ucap 55 pengurus JPM se-Kalimantan Timur saat mendeklarasikan diri di Pendopo Kantor Gubernur Kalimantan Timur.

Dengan telah diucapkannya deklarasi, unsur masyarakat se-Kaltim ini resmi dikukuhkan menjadi 11 JPM di Kalimantan Timur. Kesebelas JPM yang baru dikukuhkan tersebut di antaranya,

Komentar