Akibat China Serang Kapal Penjaga Pantai Filipina Menggunakan Laser Beberapa Awak Kapal Mengalami Kebutaan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Filipina merasa terganggu lantaran sebuah kapal Penjaga Pantai China (CCG) Sering menembakan laser militer berbahaya

Kasus tersebut Terjadi Pada (06/2/23), kapal PCG, BRP Malapascua sedang melakukan rotasi dan memasok Angkatan Laut Filipina di Dangkalan Ayungin, Laut China Selatan

Pada jarak sekitar 7,4 Kilomer Kapal CCG melintasi haluan kapal PCG, tidak lama setelah nya kapal CCG yang bernomor 5205 menyorot BRP Malapascua menggunakan laser hijaunya hal itu dilakukan sampai dua kali dari bagian kanan kapal sehingga mengakibatkan penglihatan beberapa awak kapal mengalami kebutaan semetara.

Setelahnya, CCG memperingatkan kapal Filipina bahwa itu berada di dalam yurisdiksi Republik Rakyat China lewat radio.

“PCG mengutuk setiap tindakan yang merugikan dan membahayakan keselamatan semua orang tanpa memandang kebangsaan,” kata komandan PCG, Laksamana Artemio Abu, seperti dikutip The Straits Times.

Penasihat PCG, Komodor Jay Tarriela, mengatakan awak yang bertugas mengalami kebutaan sekitar 10 hingga 15 detik.

“Tetapi kami tidak tahu apakah itu akan menyebabkan efek medis jangka panjang,” lanjutnya.
Ini bukan pertama kalinya China mengarahkan sinar laser ke kapal Filipina. Pada bulan Juni tahun lalu, kapal tunda PCG BRP Habagat, yang berada 10 mil laut di utara Pulau Panata, dibayangi dan diganggu. oleh kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat.

Komentar