Drone AS Ditembak Jatuh oleh Pasukan Houthi di Yaman

JurnalPatroliNews – Yaman – Kelompok militer Houthi di Yaman mengklaim keberhasilannya menembak jatuh drone MQ-9 Reaper milik militer Amerika Serikat.

Mengutip dari sumber Gulf Today pada hari Minggu (28/4/24), Houthi telah menyebarkan rekaman yang menampilkan puing-puing yang diyakini berasal dari drone yang mereka hantam.

“Kelompok Houthi menggambarkan penembakan itu terjadi pada hari Kamis (25/4/24) di markas mereka di provinsi Saada di negara itu,” ungkap laporan tersebut.

Rekaman tersebut memperlihatkan momen ketika pasukan Houthi menembakkan rudal ke arah drone AS sambil mengucapkan: “Tuhan adalah yang maha besar; kematian bagi Amerika; kematian bagi Israel; kutukan orang-orang Yahudi; kemenangan bagi Islam.”

Dalam rekaman tersebut, terlihat juga gambar-gambar close-up dari bagian-bagian drone yang menampilkan logo General Atomics, perusahaan pembuat drone tersebut, serta nomor seri yang sesuai dengan informasi yang diketahui tentang bagian-bagian yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Letnan Kolonel Angkatan Udara AS, Bryon J. McGarry, juru bicara Departemen Pertahanan, telah mengonfirmasi bahwa drone MQ-9 Angkatan Udara AS benar-benar jatuh di Yaman. Namun, dia menambahkan bahwa penyelidikan atas insiden tersebut masih berlangsung, tanpa memberikan rincian lebih lanjut pada saat ini.

Komentar