Banyak Pejabat Kodam Pakai Kendaraan Tak Layak, KSAD : Bagikan Land Cruiser Prado, Pajero dan Fortuner, Langsung Bawa Pulang!

Jurnalpatrolinews – Jakarta : Kepala Staf TNI Angkatan Darat atau KSAD Jenderal Andika Perkasa menyerahkan sebanyak 547 unit kendaraan dinas baru kepada satuan Angkatan Darat atau AD, yang terdiri 309 unit mobil dari berbagai jenis dan sepeda motor sebanyak 238 unit. Penyerahan unit kendaraan dinas baru tersebut menurut Andika, merupakan pengadaan kendaraan dinas terbesar yang pernah ada dalam sejarah TNI AD.

“Saya hanya titip, kalau tahun ini mobilnya 309 unit kemudian sisanya motor sehingga total itu 547, tahun depan lebih banyak. Tetapi memang itulah yang bisa kita lakukan, saya yakin ini pengadaan terbesar dalam sejarah kita, maksudnya dalam satu kali pengadaan,” kata Andika Perkasa seperti dikutip dari video unggahan kanal YouTube TNI AD yang tayang pada Sabtu, 1 Mei 2021 tersebut.

Dari 309 unit mobil yang diberikan kepada satuan AD tersebut, di antaranya berjenis Land Cruiser Prado, Fortuner, Mitsubishi Expander, Mitsubishi Pajero sampai double cabin. Berdasarkan penelusuran Tempo, harga Land Cruiser Prado mencapai kisaran Rp 2,22 sampai Rp 2,56 miliar.

Pengadaan unit kendaraan dinas baru yang terdiri dari mobil dan motor untuk satuan AD ini, Andika menyebutkan, merupakan upaya dari Markas Besar atau Mabes AD kepada satuan-satuan di bawahnya untuk memberikan yang terbaik.

Menurutnya pengadaan kendaraan dinas baru untuk satuan AD ini seharusnya dilakukan sejak lama, sebab tidak pantas rasanya bila melihat anggota satuan AD memakai kendaraan yang tidak layak.

“Pengadaan ini harusnya dilakukan sejak lama, karena memang kasihan jika melihat para pejabat Kodam contohnya, kalau harus memakai kendaraan yang tidak layak sehingga terlihat tidak pantas,” kata Andika.

Andika berharap pihak Mabes AD dapat melakukan pengadaan unit kendaraan dinas baru di tahun-tahun berikutnya dengan jumlah yang lebih besar dari pengadaan unit kendaraan dinas di tahun 2021 ini. Sebanyak 547 unit kendaraan dinas baru tersebut diserahkan secara langsung kepada anggota satuan TNI AD dan boleh langsung dikendarai untuk dibawa pulang.

“Yang lain mau langsung enggak ini? Siap benar? Sekarang juga segera menuju ke kendaraan masing-masing langsung bawa pulang,” tutur Andika Perkasa dalam acara penyerahan tersebut.

(*/red)

Komentar