Digadang-gadang Menjadi Bakal Calon Kuat KSAD, Ini Profil Gemilang Letjen TNI I Nyoman Cantiasa!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Koordinator Staf Ahli KSAD, digadang-gadang menjadi bakal calon kuat menggantikan posisi Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD, yang baru saja menjabat selama satu minggu.

Seperti diberitakan, Jenderal TNI Agus Subiyanto, diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI, yang akan memasuki masa pensiun pada November 2023.

Surat Presiden (Surpres) perihal usulan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang akan menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI, telah diterima DPR RI pada Senin (30/10/23) lalu.

“Pada kesempatan ini, saya akan mengumumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. Nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat Kepala Staf Angkatan Darat,” ujar Puan dalam konferensi pers di gedung DPR, Senayan, Selasa (31/10/2023).

Usai adanya usulan Jokowi tersebut, kemudian beredar kabar bahwa Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, akan menggantikan posisi Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD.

Dilansir beragam sumber, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, selain merupakan peraih Bintang Adhi Makayasa  dan Tri Sakti Wiratama lulusan terbaik Akmil tahun 1990, juga berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus). Dirinya, memiliki rekam jejak pertempuran yang cukup panjang. Dia menorehkan jejak pertempurannya bersama pasukan anti teror Satuan Gultor 81 Kopassus.

Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, pernah menjalankan operasi militer di sejumlah wilayah di Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua. Ia pun pernah ikut pertempuran di wilayah konflik Timor Timur, yang sekarang menjadi Timor Leste. Tak hanya ahli perang, dirinya adalah ahli dalam sejumlah bidang khusus.

Berbagai jabatan strategis, pernah diembannya seperti Danrem 173/Praja Vira Braja, Kasdam XVII/Cenderawasih, Pa Sahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI, Danjen Kopassus, Pangdam XVIII/Kasuari, Pangkogabwilhan III dan yang terbaru dia ditunjuk sebagai Koorsahli Kasad.

Saat masih Kolonel, Dia terpilih menjadi Komandan Upacara Penurunan Sang Merah Putih, dalam rangka memperingati HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Istana merdeka pada tanggal 17 Agustus 2013. Ia juga tercatat pernah memimpin Kontingen Indonesia dalam Lomba Tembak ASEAN Armies Rifle Meet (AARM) ke-16 di Hanoi, Vietnam serta sukses melanjutkan tradisi Juara Umum dengan raihan 24 medali emas, 10 perak, 9 perunggu dan 15 tropi tahun 2006.

Bukan itu saja, Letjen I Nyoman Cantiasa sendiri merupakan orang yang terlibat langsung dalam 2 dari 3 operasi besar TNI, yakni pembebasan sandera aksi teror OPM di Mapenduma tahun 1996, dan aksi teror perompak Somalia di pembajakan Kapal MV Sinar Kudus tahun 2011, saat menjadi Dansat 81/Gultor Kopassus.

Berikut Profil Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Kelahiran Bubunan, Seririt, Buleleng, Bali, pada 26 Juni 1967, peraih Bintang Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama (Lulusan Akmil Terbaik) 1990 :

– Berpengalaman dalam Infanteri (Kopassus) dan merupakan siswa dengan Karya Tulis Terbaik Pendidikan Reguler (Dikreg) XLI Sesko TNI T.A 2014;

– Salah satu Jenderal Kopassus bintang tiga, yang memiliki sepak terjang di berbagai penugasan. Bahkan, Dia berhasil melaksanakan tugasnya dengan gemilang, saat meredam konflik berkepanjangan di Ambon, Maluku pada 2001 silam.

Riwayat Pendidikan:

  • Akademi Militer (1990);
  • Sesarcab Inf;
  • Komando;
  • Suslapa I;
  • Suslapa II;
  • Free Fall;
  • Penanggulangan Teror (Gultor);
  • Suspa Intel Analis;
  • Seskoad (2004);
  • Sesko TNI (2014);
  • Lemhannas RI.

Riwayat Jabatan:

1. Pangkat Letnan Dua sampai dengan Kapten:

– Danton Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad;

– Danki Yonif Linud 328 Dirgahayu/Kostrad;

– Dan Unit Den 81 Gultor/Kopassus;

– Dansubtim 2 Den 81 Gultor/Kopassus;

– Dantim Den 81 Gultor/Kopassus;

– Dantim Intel Grup 3 Sandhi Yudha/Kopassus.

2. Pangkat Mayor:

– Danseko Pusdikpassus;

– Dansepara Pusdikpassus;

3. Pangkat Letnan Kolonel:

– Pabandya Ops Makopassus;

– Danyon 811/Sat-81/Kopassus;

– Dandenma Kopassus;

– Waasintel Danjen Kopassus;

– Wadansat-81/Kopassus (2010).

4. Pangkat Kolonel:

– Dansat 81/Kopassus (2010);

– Danpusdikpassus (2012);

– Pamen Ahli Bid. Taktik Khusus Gultor Danjen Kopassus (2013);

– Pamen Denma Mabesad (Dik Sesko TNI) (2014);

– Danmentar Akmil (2015);

– Danrem 163/Wirasatya (2015).

4. Pangkat Brigadir Jenderal:

– Danrem 173/Praja Vira Braja (2017);

– Kasdam XVII/Cenderawasih (2017).

5. Pangkat Mayor Jenderal:

– Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI (2018);

– Danjen Kopassus (2019);

– Pangdam XVIII/Kasuari (2020).

6. Pangkat Letnan Jenderal:

– Pangkogabwilhan III (2022);

– Koorsahli Kasad.

Komentar