Doni Monardo Pastikan Korban Bencana Mendapat Perawatan Maksimal

JurnalPatroliNews – NTT,–  Kepala BNPB Doni Monardo melakukan peninjauan dampak banjir bandang di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Selasa (6/4).

Kabupaten Lembata termasuk yang mengalami dampak dengan katagori berat. Kondisi permukiman yang berada di bawah bukit menjadi salah satu pemicu besarnya dampak yang terjadi. Siklon tropis seroja menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor di lokasi tersebut. Akses jalan sempat terputus akibat banyak batu dan material yang terbawa longsor.

Dalam kunjungannya, Doni Monardo sempat berbincang dengan warga yang terdampak langsung untuk menanyakan kebutuhan darurat yang sangat diperlukan. Dia menegaskan bahwa para korban bencana harus mendapatkan pertolongan secara maksimal.

“Memastikan mereka yang menderita luka ringan atau berat mendapatkan perawatan kesehatan yang maksimal,” katanya.

Doni Monardo beserta rombongan juga meninjau dapur umum serta pelayanan kesehatan di RSUD Lewoleba. Di mana, penerapan protokol kesehatan dalam penanganan korban bencana juga menjadi perhatian penting untuk menekan angka penularan Covid-19.

Siklon tropis seroja mengakibatkan 11 daerah di NTT terdampak yaitu Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Malaka Tengah, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ngada, Kabupaten Alor, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Ende. Sedangkan di Nusa Tenggara Barat ada Kabupaten Bima yang terkena dampak bencana alam.

(askara)

Komentar