Fenomena Panic Buying, Heboh Susu Beruang saat Pandemi Covid-19, Kok Bisa?

JurnalPatroliNews – Jakarta Pandemi Covid-19 tak sepenuhnya menjadi keterpurukan semua sektor industri. Salah satunya produk dari Nestle, susu Bear Brand yang sedang naik daun dikalangan masyarakat.

Pakar Marketing, Yuswohady mengatakan ditengah banyaknya brand yang sepi pembeli, namun sekarang ini susu Bear Brand banyak dicari orang lantaran dipercaya dapat memberikan kesehatan terlebih dalam masa kecemasan terpapar virus Covid-19. Sehingga hal ini menjadi rezeki nomplok bagi susu Bear Brand.

“Ketika banyak brand rontok karena sepi pembeli, Bear Brand justru ‘kelabakan’ oleh rush konsumen yang melakukan panic buying. Secara tidak langsung ini jadi rezeki nomplok buat Bear Brand,”ujarnya kepada rekan media, Minggu (4/7/2021).

Viralnya susu Bear Brand, kata Yuswohady lebih otentik sebab terjadi secara spontan dan memicu adanya panic buying. Hal itu bermula dari rekomendasi mulut ke mulut yang mempercayai bahwa susu Bear Brand dapat menyembuhkan penyakit terutama gejala-gejala pada Covid-19.

“Viral Bear Brand bukan ditrigger oleh sebuah kampanye branding melainkan oleh kebutuhan mendesak konsumen akibat fear of death di masa pandemic,”ucapnya.

Dia juga menjelaskan serbuan masyarakat terhadap susu Bear Brand hanya terjadi dalam jangka pendek saja. Namun kedepan positioning Bear Brand akan menjadi sangat kuat sebagai susu kesehatan.

“Ini lepas dari orang mengatakan bahwa susu Bear Brand itu bukan untuk kesehatan atau mitos lah bahasanya. Tapi yang perlu diketahui, persepsi itu dibentuk oleh konsumen. Itu yang tidak bisa ditahan. Konsumen sekarang sudah percaya bahwa susu Bear Brand itu susu kesehatan,”papar dia.

Lanjutnya, fenomena panic buying ini secara alamiah membangun reputasi merek ditengah pandemi Covid-19. Sehingga tak ayal jika kedepan susu Bear Brand akan semakin dikenal masyarakat sebagai susu kesehatan.

“Pandemic Covid-19 ini bukan bencana sebulan atau dua bulan tetapi akan bisa saja sampai beberapa tahun kedepan. Jadi produk-produk seperti susu Bear Brand ini nanti akan semakin kuat reputasinya secara permanen. Dengan pandemi, merek-merek tertentu sangat diuntungkan,” tutupnya.

(*/lk)

Komentar