Jejak Penculik 12 Bocah di Bogor Hingga Jakarta, Polisi Ungkap: Ternyata Eks Napi Terorisme

Konferensi pers kasus penculikan anak di Mapolres, Cibinong, Kabupaten Bogor (Foto: ANTARA)

JurnalPatroliNews – Bogor – Polisi mengungkap jejak hitam Abi Rizal Afif (28), tersangka penculik 12 anak di Bogor hingga Jakarta. Tersangka ternyata seorang mantan narapidana kasus terorisme yang baru keluar dari Lapas Khusus Kelas IIA Gunungsindur, Kabupaten Bogor.

“Terhadap yang bersangkutan kami masih lakukan pendalaman. Karena berdasarkan pengakuan tersangka, tersangka sudah 3 kali menjalani hukuman pidana. Dua kali (di antaranya) menjalani pidana kasus terorisme,” kata Kapolres Bogor AKBP Imam Imanuddin dalam jumpa pers di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, Kamis (12/5/2022).

Bacaan Lainnya

Selain 2 kasus pidana terorisme, tersangka Abi Rizal Afif pernah terlibat kasus pidana penipuan di Depok, Jawa Barat. Imam menyebutkan tersangka Abi Rizal Afif juga mengaku pernah mengikuti pelatihan perang di Poso.

“Yang bersangkutan juga pernah mengikuti pelatihan di Poso selama 7 bulan. Kami akan bekerjasama dengan Densus 88 untuk melakukan pendalaman dan pengembangan terhadap kasus ini,” kata Imam.

Dalam kesempatan yang sama, Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan, mengatakan tersangka Abi Rizal Afif baru menghirup udara bebas dari kasus terorisme pada Februari 2022. Setelah itu, ia juga terlibat kasus penipuan di kawasan Depok.

“Pengakuan tersangka bulan dua (Februari) kemarin baru keluar dari Lapas Gunungsindur. Jadi pengakuan tersangka sudah 3 kali keluar masuk Lapas Gunungsindur, 2 karena kasus terorisme, yang satunya lagi kasus penipuan di Depok,” beber Siswo.

Abi Rizal Afif ditangkap polisi saat berada di salah satu tempat ibadah di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (12/5) sore tadi. Polisi juga menyelamatkan 10 anak korban penculikan yang berasal dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

“Pelaku kami tangkap bersama 10 orang anak yang berhasil kita amankan,” ujar Iman saat dihubungi sebelumnya.

Pos terkait