Jokowi Beri Sinyal Vaksin Mandiri Bisa Dilaksanakan

  • Whatsapp
Ilustrasi vaksin./Net

JurnalPatroliNews – Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sinyal vaksin mandiri bisa dilaksanakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin melindungi karyawannya. Pemerintah segera memutuskan kebijakan terkait pelaksanaan vaksin mandiri. Rencana ini muncul karena banyak perusahaan atau pengusaha yang menginginkan segera melaksanakan vaksin mandiri untuk mempercepat program vaksinasi yang sudah dimulai pemerintah sejak 13 Januari 2021.

“Kemudian ada yang bertanya bagaimana mempercepat lagi? Banyak dari perusahaan, para pengusaha menyampaikan, Pak bisa nggak kita vaksin mandiri, ini yang baru kita akan putuskan,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam peresmian pembukaan Kompas 100 CEO Forum Tahun 2021 secara virtual dari Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Bacaan Lainnya

Selain mempercepat vaksinasi Covid-19, Jokowi mengungkapkan vaksin mandiri perlu dilaksanakan karena pemerintah ingin semakin banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin. Selain itu, meringankan biaya pemerintah karena biaya vaksin mandiri ditanggung perusahaan. “Karena apa, kita perlu mempercepat, perlu sebanyak-banyaknya, apalagi biaya ditanggung oleh perusahaan sendiri, kenapa tidak,” ujar Jokowi.

Sebelum rencana vaksin mandiri dilaksanakan, Jokowi menegaskan pemerintah akan mengkaji terlebih dahulu sehingga dapat mengeluarkan keputusan tepat.

Namun ada kemungkinan vaksin mandiri dilaksanakan dengan beberapa syarat, di antaranya merk vaksin yang diberikan berbeda dan tempat pelaksanaan vaksinasi juga berbeda dengan program vaksin gratis yang dilakukan pemerintah. “Tetapi sekali lagi, harus kita kelola isu ini dengan baik. Mungkin bisa diberikan asal merk vaksinnya berbeda, untuk tempat vaksin juga berbeda,” jelas Jokowi.

(bs)

Pos terkait