Pencarian KRI Nanggala Sudah Intensif, Prabowo: Fokusnya Selamatkan Secepat Mungkin

JurnalPatroliNews – Bali,– Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan, bahwa petugas telah sungguh-sungguh dalam upaya pencarian KRI Nanggala-402 termasuk para personelnya yang hilang kontak di perairan Bali. 

“Usaha pencarian sudah dilakukan intensif. Nanti Panglima yang akan berikan penjelasan detail,” kata Prabowo di dalam jumpa pers di Bali, Kamis (22/4).

Prabowo berharap seluruh awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak dapat segera ditemukan.

“Saya yakin seluruh bangsa, semua, hatinya, pikirannya, fokusnya adalah agar anak-anak kita, bisa kita selamatkan secepat mungkin,” tuturnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berharap upaya pencarian KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak, Rabu (21/4) kemarin dapat membuahkan hasil.

“Kita semua berharap upaya pencarian akan membuahkan hasil dan menumbuhkan harapan untuk menyelamatkan seluruh personel KRI,” ujar Panglima TNI.

Saat ini upaya pencarian masih terus dilakukan oleh tim dari TNI AL. Sejumlah pihak lain dari kepolisian, KNKT, BNPB, Basarnas, juga turut membantu.

Tim pencari telah menemukan tumpahan minyak di sekitar posisi penyelaman KRI Nanggala-402. Tumpahan minyak itu diduga akibat kerusakan tangki BBM kapal buatan Jerman itu karena tekanan air laut atau pemberian sinyal posisi dari KRI NGL-402.

Diperoleh informasi KRI Nanggala-420 diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil laut utara Pulau Bali, sekitar pukul 03.00 WIT dalam manuver menyelam.

KRI Nanggala-402 akan latihan penembakan rudal di Laut Bali, yang direncanakan dilaksanakan pada hari ini. Juga disaksikan Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala Staf TNI AL, Laksamana Yudho Margono.

(askara)

Komentar