Prabowo Soroti Fasilitas RS Pusat Pertahanan Negara Soedirman, Berikut Detailnya!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan, menunjukkan kehebatan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara Panglima Besar Soedirman dalam acara peresmiannya di Bintaro, Jakarta Selatan, pada hari Senin (19/2/24). Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir.

Prabowo menjelaskan bahwa RSPPN Soedirman memiliki 28 lantai dengan ketinggian mencapai 125 meter dan luas bangunan mencapai 62.000 meter persegi di atas lahan seluas 2,2 hektare. Fasilitasnya termasuk ruang rawat inap dengan 1.000 tempat tidur, 11 ruang operasi, 90 ruang perawatan intensif seperti ICU, ICCU, RICU, PICU, NICU, dan 55 tempat tidur di instalasi gawat darurat (IGD).

“Sehingga akan menjadi rumah sakit terbesar TNI,” ucap Prabowo.

Selain itu, RSPPN dilengkapi dengan berbagai layanan kesehatan untuk semua bagian tubuh, termasuk otak, jantung, dan pembuluh darah. Fasilitas lainnya termasuk pelayanan DSA, MRI 3 Tesla, CT Scan, Cat Lab, Panoramic 360, USG 4 dimensi, serta pelayanan terpadu menggunakan alat robotic dan laser untuk pasien dengan kelemahan kaki dan tangan.

Prabowo juga menyoroti layanan hemodialisa, terapi oksigen bertegangan tinggi untuk gangguan pembuluh darah, regeneratif medicine, serta layanan operasi kanker dan kemoterapi yang terintegrasi.

Lebih lanjut, RSPPN Panglima Besar Sudirman juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan dan riset untuk mahasiswa S1 kedokteran Unhan, serta siap dalam menghadapi pandemi atau bencana.

Pada acara yang sama, Jokowi meresmikan 20 rumah sakit lain yang dimiliki oleh TNI di seluruh Indonesia, termasuk 11 RS TNI AD, 3 RS TNI AL, dan 6 RS TNI AU. Jokowi mengapresiasi upaya pembangunan rumah sakit tersebut karena dianggap bermanfaat bagi Negara dan masyarakat.

“Peristiwa pandemi Covid-19 telah mengajarkan kepada kita betapa pentingnya fasilitas kesehatan yg lengkap; rumah sakit dengan kesiapan SDM; dan fasilitas yang memadai untuk mengatasi kondisi-kondisi kedaruratan kesehatan seperti yang telah kita alami. Untuk itu, saya apresiasi pembangunan RSPPN dan 25 RS yang diiniasi oleh Kemhan,” ujarnya.



Jokowi juga memuji berbagai fasilitas modern yang tersedia di RSPPN Panglima Besar Soedirman, menyebutnya sebagai fasilitas super modern.

“Tadi, saya lihat di beberapa ruang dan peralatan yang ada betul-betul peralatan yang sangat, super modern. MRI misalnya tadi, saya melihat, MRI itu adalah spek tertinggi, tesla 3 yang bisa melihat dari segala sudut yang kita inginkan. CT scan yang juga bisa melihat dari semua sudut yang kita inginkan. Ruang operasi juga modular yang terintegrasi dan sangat canggih,” tandasnya.

Komentar