Presiden Jokowi Gelar Ratas Bahas World Water Forum ke-10, Ini Kata Luhut!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menggelar rapat terbatas (ratas) terkait persiapan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar pada 19-20 Mei 2024 mendatang di Pulau Bali.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan bahwa persiapan untuk acara tersebut telah mencapai tahap akhir.

“Tadi mengikuti ratas persiapan final touch untuk World Water Forum yang akan diselenggarakan di Bali tanggal 19 sampai tanggal 20. Sebenarnya lebih awal karena ada beberapa pertemuan-pertemuan lain sebelumnya. Persiapan-persiapannya sudah final,” kata Menko Luhut dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (30/4/24).

Forum ini dianggap sebagai ajang penting bagi para pemimpin dunia dan ahli air untuk mendiskusikan isu-isu keberlanjutan air secara global.

Luhut juga menyatakan optimisme tinggi atas kehadiran 14 kepala negara dan sekitar 50 ribu peserta dalam acara tersebut.

“Ada 14 kepala negara dan 50 ribu (peserta) yang akan hadir. Dan itu Pak Sandiaga Uno sudah senyum-senyum karena sudah habis semua hotelnya dia,” ujarnya.

Selain menjadi platform diskusi global, forum ini dianggap sebagai peluang baik untuk pariwisata Indonesia. Oleh karena itu, persiapan logistik, wilayah, dan keamanan menjadi prioritas.

“Saya kira momentum pariwisata bagus sekali dan tadi Pak Gubernur juga sudah menyatakan kesiapan, dan TNI, Polri juga sudah siap untuk melakukan pengamanan di sana,” jelasnya.

Maka dari itu, World Water Forum di Bali diharapkan tidak hanya menjadi wadah untuk mencari solusi inovatif terhadap masalah air global, tetapi juga sebagai bukti kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah acara internasional berskala besar.

Komentar