Pucuk Pimpinan TNI Akan Masuki Usia Pensiun, Komisi I DPR: Andika Perkasa Pantas Jadi Panglima TNI, Tapi….

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Rencana pergantian pucuk pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang kini berada di bawah komando Marsekal Hadi Tjahjanto belum dibahas oleh DPR RI, khususnya Komisi I sebagai mitra kerja di Senayan.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari merespons kabar pergantian Panglima Marsekal Hadi yang akan memasuki usia pensiun pada November tahun ini.

“Belum ada (pembahasan pergantian Panglima TNI), belum ada rapat,” ujar Abdul Kharis kepada rekan media, Kamis (27/5).

Sejalan dengan itu, belum ada pula nama-nama kandidat yang mempunyai kans besar sebagai pengganti Marsekal Hadi. Akan tetapi, ia menilai ada sosok yang dianggap tepat, yakni Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.

“Saya setuju sekali, beliau (Andika Perkasa) orang baik, tegas, jenderal-jenderal itu kan bagus, Andika Perkasa juga bagus,” katanya.

Meski begitu, lanjut legislator PKS ini, secara kelembagaan tentu DPR RI akan menantikan siapa yang secara resmi akan diusulkan Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI.

“Tergantung presiden akan mengusulkan siapa. Presiden akan kirim siapa, nanti kita lakukan fit and proper test. Kami lihat hasilnya nanti,” pungkasnya.

(*/lk)

Komentar