Serahkan Sertifikat Aset Pemerintah Kota Dan Kabupaten Se-Banten, Menteri Hadi Turun Tangan Langsung

JurnalPatroliNews – Kota Tangerang,- Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/Kepala BPN, hari ini, menyerahkan 303 Sertipikat Aset Pemerintah Kota dan Kabupaten serta BUMN se-Provinsi Banten. Penyerahan sertifikat aset ini, dilakukan di Kantor Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangerang, Kamis, (27/7/23).

Hadi mengatakan, sertifikasi adalah program yang terus dilaksanakan dengan tujuan untuk mengamankan dan memitigasi penyalahgunaan aset-aset milik masyarakat, wakaf, rumah ibadah, serta aset Instansi Pemerintah.

“Tujuan kami adalah menjadikan Aset Kota/Kabupaten ini terdaftar, hingga tidak adalagi tumpang tindih dan mafia tanah. Terhadap investor juga akan mendapatkan kepastian hukum. Termasuk mempermudah program digitalisasi yakni sertifikasi secara elektronik dapat berjalan baik,” ujarnya.

Panglima TNI periode 2017-2021 ini menjelaskan, permasalahan tanah masih saja ada di lapangan. sebab itu, diperlukan kolaborasi dan sinergitas antara Pemerintah Daerah (Pemda) dengan BPN. dalam hal ini, Pemda di minta segera menyerahkan berkas untuk proses Sertifikasi tersebut.

“Segera, kita turun bersama untuk menentukan titik, batas dan luasnya. dukungan dari aparat penegak hukum (kepolisian dan kejaksaan,red) diperlukan agar sertifikasi aset dan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, program sertifikasi di provinsi Banten oleh kementerian ATR/kepala BPN sudah mencapai 70 persen, sisanya sebanyak 2,3 juta sertifikasi akan terus dilaksanakan kementerian ATR/Kepala BPN-RI.

“Semoga semua bisa diselesaikan, dan iklim investasi di Provinsi Banten akan terus naik. Karena perekonomian di Banten ini mencapai 90,5 triliun dari sertifikat yang digadaikan. Dan itu artinya masyarakat di Banten ini sangat produktif untuk meningkatkan perekonomian mereka,” ungkapnya.

Dalam penyerahan itu, hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, Yulia Jaya Nirmawati, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Sudaryanto, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, serta Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi Banten.

Selain itu, Agus Priyanto, Kepala Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK Wilayah II, Al Muktabar, Pj Gubernur Banten, juga Arief R Wismansyah, Wali Kota Tangerang, serta Forkopimda Kota Tangerang, turut hadir dalam penyerahan sertifikat aset.

Komentar