Tutuka Ariadji Mundur Dari Jabatan Dirjen Migas, Siapa Penggantinya?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan bahwa Tutuka Ariadji resmi melepas jabatannya sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian ESDM per 1 Mei 2024. Tutuka diketahui akan kembali lagi mengajar di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Meskipun demikian, identitas pengganti Tutuka masih menjadi tanda tanya besar. Agus Cahyono Adi, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, mengonfirmasi bahwa belum ada kepastian mengenai siapa yang akan mengisi posisi Dirjen Migas selanjutnya.

Namun, sebagai langkah interim, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, telah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas.

“Saat ini Pak Sekjen ditunjuk sebagai pelaksana tugas nya sampai ada penjabat Dirjen definitifnya ditetapkan melalui Keputusan Presiden,” ucap Agus, Kamis (2/5/24).

Tutuka, yang sebelumnya merupakan Guru Besar Teknik Perminyakan ITB, telah memimpin sebagai Dirjen Migas Kementerian ESDM sejak tahun 2020. Dengan latar belakang pendidikan yang kuat dan pengalaman yang luas, Tutuka telah menjadi sosok yang tak asing lagi dalam industri hulu migas.

Lahir di Solo pada 26 Agustus 1964, Tutuka meraih gelar sarjana Teknik Perminyakan dari ITB, sebelum melanjutkan studi S2 dan S3 di Texas A&M University, Amerika Serikat.

Komentar