Usai NATO Sebut Rudal di Polandia Bukan Serangan dari Rusia, Harga Minyak Turun

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Harga minyak mentah atau crude oil pagi hari ini terpantau melandai menyusul meredanya ketegangan geopolitik di Eropa Timur yang menjadi sumber kekhawatiran pasar.

Di sisi lain, kenaikan kasus Covid-19 di China masih menjadi perhatian. Data perdagangan Intercontinental Exchange (ICE) hingga pukul 09:25 WIB, mencatat harga minyak kontrak Januari 2023 menurun 0,92% di USD92,01 per barel.

Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman Januari turun 1,14% sebesar USD84,03 per barel.

Di tengah kecemasan pasar atas eskalasi militer akhir-akhir ini, otoritas Polandia dan NATO mengeluarkan pernyataan pada Rabu (17/11) bahwa rudal yang jatuh di pinggiran area Polandia dimungkinkan berasal dari pertahanan udara Ukraina, bukan serangan dari Rusia.

Pengumuman itu memberi kejelasan terkait dugaan sebelumnya bahwa Rusia berniat untuk menyerang sarana infrastruktur di sejumlah wilayah Ukraina.

“Minyak mentah turun setelah NATO memberi keterangan atas serangan rudal di Polandia, sementara kekhawatiran pasar masih terkait Covid di China,” ungkap analis CMC Markets Tina Teng, dilansir Reuters, Kamis (17/11/2022).