Waspada! Manado Kini Zona Merah Lagi

  • Whatsapp
Peta Risiko COVID-19

JurnalPatroliNews – Manado, — Satgas Penanganan COVID-19 Pusat kembali merilis peta risiko penyebaran COVID-19.

Data terbaru per 6 September 2020, melaporkan Kota Manado kembali pada zona merah atau beralih pada status tertinggi dalam penyebaran COVID-19.

Bacaan Lainnya

Dalam peta risiko tersebut, Kabupaten Minahasa Utara dan Minahasa yang sebelumnya zona merah kini turun ke risiko sedang.

Total zona oranye di Sulut ada 10 daerah dan zona kuning atau risiko rendah tiga kabupaten.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan, sumber data yang digunakan dalam analisis peta risiko merupakan data dari Kementerian Kesehatan.

Menurut Wiku Adisasmito, Satgas Penanganan COVID-19 menerima data konfirmasi kasus positif dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) dengan sistem New All Record yang kemudian diverifikasi oleh Public Health Emergency Operating Center (PHEOC) dan dikirimkan melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Kesehatan.

“Data individual Pusdatin Kementerian Kesehatan masuk ke sistem Bersatu Lawan COVID (BLC) di bawah Satgas COVID-19 dan diterima setiap hari.

Ia menambahkan, perkembangan COVID-19 bersifat sangat dinamis sehingga dapat berubah sesuai dengan hasil verifikasi yang dilakukan,” tandasnya.

(Alfrits Semen)

Pos terkait