Agar Tepat Sasaran, Pemerintah Bakal Uji Coba Pendataan Beli LPG 3 Kg Tahun 2023

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Pemerintah, mulai 2023, bakal melakukan uji coba pendataan pembelian LPG 3 kilogram (kg) bagi Masyarakat di seluruh Indonesia. Hal demikian dilakukan, agar barang Subsidi tersebut lebih tepat pada sasarannya.

Tutuka Ariadji, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, mengatakan, saat ini, pendataan sudah mulai dilakukan di lima kabupaten/kota di Indonesia. Pendataan ini mengacu pada data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

“Sekarang sudah jalan, tapi tahun depan akan full di seluruh Indonesia. Sekarang sudah mulai, tapi tahun depan kita full-kan Registrasi,” ujar Tutuka kepada wartawan, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (12/12/22).

“Kita pakai data P3KE sekarang, dulunya BKKBN. Kita coba terapkan. Sudah di lima kabupaten/kota di Cipondoh, Tangsel, terus ada di Semarang, pokoknya ada lima,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, P3KE merupakan sumber data yang dimiliki Pemerintah, untuk nantinya diintegrasikan dalam sistem Web Based subsiditepat. Dengan cara itu, penerima LPG 3 kg yang berhak, akan terdata dalam sistem tersebut.

Ia mengingatkan, ini hanya proses uji coba saja dengan tujuan pendataan, bukan pembatasan pembelian LPG 3 kg.

“Kita Evaluasi yang sekarang sudah jalan gimana, supaya lebih tepat sasaran,” tandasnya.

Komentar