Darmawan Prasodjo Terima Penghargaan Green Leadership, PLN Jadi Perusahaan Paling Hijau Sepanjang Sejarah Indonesia

JurnalPatroliNews – Jakarta, – K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI, memberikan penghargaan Green Leadership Utama 2022 kepada Darmawan Prasodjo, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pemberian Penghargaan tertinggi di bidang lingkungan ini, disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, Kamis (29/12/22) lalu.

Bagi Darmawan, memimpin PLN di tengah tantangan perubahan iklim, bukanlah persoalan yang mudah. Namun, di bawah kepemimpinannya , Perusahaan Energi itu berhasil bertransformasi menjadi perusahaan yang hijau dan adaptif, untuk menjawab tantangan perubahan zaman.

Green Leadership Utama adalah penghargaan yang diberikan kepada Pimpinan tertinggi Perusahaan, yang Perusahaannya berpartisipasi aktif dalam menjaga lingkungan, dan memperoleh PROPER Emas.

Kategori ini, merupakan variabel penilaian baru dalam pemberian Anugerah PROPER tahun 2022 ini. Terdapat tujuh kriteria, untuk menentukan nominasi Green Leadership.

Yakni, mencakup penggunaan energi terbarukan, pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan, pengelolaan sumber daya alam yang ramah, dan penghilangan limbah industri. Selain itu, lingkungan bebas dari pencemaran, memenuhi kebutuhan kehidupan, serta infrastruktur fisik menjaga ekosistem dan komunitas.

Dibawah kepemimpinannya yang kuat, Darmawan dinilai berhasil mengubah cara pandang proses bisnis yang tadinya statis dan backward looking, diubah menjadi dinamis dan forward looking. Proses bisnis yang dulunya manual, kini didigitalisasi secara end to end. “PLN sudah merombak tata kelola kelistrikan dengan digitalisasi end to end. Dari pasokan energi, pembangkitan, transmisi, distribusi sampai ke rumah-rumah pelanggan sudah dikelola secara terintegrasi,” beber Darmawan.

Dari sisi energi, dengan kepemimpinan dan navigasi yang kokoh, Darmawan gencar menerapkan berbagai program untuk mengimplementasikan peta jalan Net Zero Emission (NZE) 2060. “PLN memiliki program-program Inisiatif transisi energi, yang mengkonsolidasi dukungan berbagai pihak. Baik entitas bisnis, lembaga pendanaan, yang didukung pemerintah untuk mencapai NZE 2060,” tambahnya.

Demi menyukseskan transisi energi, PLN pun telah menandatangani 45 memorandum of understanding (MOU) dan letter of intent (LOI).
Dalam upaya menurunkan emisi, Darmawan juga ikut mengawal penyusunan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) sampai dengan tahun 2030 yang menjadi RUPTL paling hijau sepanjang sejarah Indonesia.

Dalam RUPTL tersebut, terdapat 50,6 persen pembangunan pembangkit yang berbasis pada Energi Baru Terbarukan (EBT). Sesuai RUPTL ini, PLN juga menginisiasi penghapusan 13 GW PLTU dari perencanaan dan menambah kapasitas EBT hingga 20,9 GW tanpa menambah PLTU baru.

Bukan hanya penghargaan CEO Green Leadership Utama yang berhasil diraihnya, Darmawan juga dinobatkan sebagai CEO of The Year oleh CNBC Indonesia. Bahkan, sepanjang tahun 2022, PLN juga mendapat berbagai apresiasi dari berbagai pihak. Total 314 penghargaan dianugerahkan kepada PLN, mulai dari penghargaan soal digitalisasi, transisi energi, lingkungan dan CSR, hingga layanan pelanggan. “Seluruh Direksi PLN Grup, para Senior Leader dan seluruh kekuatan PLN dalam satu semangat yang sama. Membawa PLN menjadi perusahaan energi masa depan yang ramah lingkungan,” pungkas Darmawan.

Komentar