Diminati Masyarakat, Transaksi BI-Fast Tembus Rp 320 T, Sejak Awal 2022

“Kalau kita lihat sejak diimplementasikan tahun lalu, itu kita lihat bahwa volume maupun nominal transaksi BI-Fast itu terus meningkat,” kata Filianingsih dalam Taklimat Media, Kamis (2/6/2022).

Kepala Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran BI, Bambang Kusmiarso mengatakan bank bergabung secara bertahap menjadi peserta BI-Fast. Untuk batch 1 sudah bergabung 21 bank.

“Dengan demikian, secara total sampai dengan batch 3 ini telah terdapat 52 peserta Bi-Fast dan telah mewakili 82% dari pangsa sistem pembayaran ritel Indonesia,” katanya.

Untuk diketahui, BI-Fast merupakan sistem pembayaran ritel nasional milik BI yang dapat memfasilitasi pembayaran secara real-time, aman, efisien, yang tersedia 24 jam. Harga dari BI ke peserta sebesar Rp 19,00 per transaksi. Harga dari peserta ke nasabah ditetapkan maksimal sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Besaran biaya transaksi tersebut akan diturunkan secara bertahap berdasarkan evaluasi secara berkala. Sementara, batas maksimal nominal transaksi BI-Fast pada tahap awal ditetapkan sebesar Rp 250 juta per transaksi.

Komentar