Lacak Tata Kelola BUMD, STIE Dwimulya Gelar Studi Ekskursi di PT Argibisnis Banten Mandiri (BUMD)

JurnalPatroliNews – Banten – Para mahasiswa Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Dwimulya (STIE Dwimulya) yang tengah mengambil Mata Kuliah Manajemen Keuangan Lanjutan, mengikuti Studi Ekskursi di PT Agribisnis Banten Mandiri (Perseroda) Selasa, 20 Juni 2023.

Dalam kegiatan ini para mahasiswa disambut oleh para jajaran Direksi PT Agribisnis Banten Mandiri (ABM) yakni Dirut PT ABM H. Saeful Wijaya, dan Manager Keuangan, Wendi, SE. Para Direksi PT ABM juga menjelaskan bahwa kampus bisa membangun kolaborasi dengan PT ABM dalam pengembangan keilmuan terutama tata kelola menajemen keuangan korporat.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan para mahasiswa STIE Dwimulya dengan tentang tata kelola korporat terutama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Dikarenakan akan sangat berbeda tata kelola korporat perusahaan daerah dan perusahaan bisnis terbuka.

Apalagi diketahui bahwa kepemilikan saham PT ABM, secara penuh hanya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Provinsi Banten. Sementara perusahaan terbuka tentu memiliki struktur kepemilikan saham yang berbeda dan beragam, sehingga hal ini juga akan sangat berpengaruh dengan tata kelola korporat.

Lebih lanjut, dalam kegiatan ini para mahasiswa juga diajak untuk memahami dan mengenal kultur serta budaya organisasi perusahaan setingkat BUMD di Banten. Kemudian mengenali pola kepemimpinan, unit bisnis dan produk yang menjadi handalan PT ABM, tata kelola keuangan hingga aspek kepedulian sosial yang telah dilakukan oleh PT ABM. 

Berbagai bekal yang didapat dalam kegiatan ini kemudian bisa dijadikan pengayaan bagi penguatan Mata Kuliah Manajemen Keuangan Lanjutan sesuai amanat program Kampus Merdeka, jelas Bambang Arianto, M.Ak selaku dosen pendamping. 

Komentar