PCIM Mesir Teken MoU Beli Rempah dari Lampung

JurnalPatroliNews,– PCIM Mesir menandatangani kerja sama ekspor impor dengan Amal Usaha Muhammadiyah BTM BiMU Lampung dan PT Eshan Agroindo Mulia, Selasa (9/3/2021). Komoditas yang diperdagangkan seperti kopi dan rempah-rempah.

Penandatanganan kerja sama ekspor diselenggarakan via Zoom dihadiri oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr H Anwar Abbas, Duta Besar RI di Mesir Dr Lutfi Rouf, Atase Perdagangan KBRI Mesir Irman Adi Purwanto.

Juga hadir Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan PP Muhammadiyah Drs H Hery Zudianto MM, Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, Ketua Jaringan Saudagar Muhammadiyah, Direktur Suara Muhammadiyah, Dewan Penasihat, Pengawas dan Pimpinan PCIM-PCIA Mesir beserta para tamu lainnya.

Ketua Umum PCIM Mesir Umair Fahmiddin mengatakan, PCIM ke depan bukan saja mampu melahirkan kader ulama yang matang secara keilmuan, namun juga mumpuni secara financial. Selain itu kerja sama ini upaya menjaga amanah PCIM dan Markaz Dakwah sebagai center of excelent.

Dia menerangkan, kerja sama berupa pengiriman biji kopi dan rempah-rempah ke Mesir dengan Baitul Tamwil wal Mal (BTM) BiMU Lampung, amal usaha PWM setempat. PCIM menggaet PT Eshan Agroindo Mulia sebagai mitra kerja yang telah memiliki pengalaman di dunia ekspor-impor.

Hadir mewakili BTM BiMU Lampung, Elly Kasim. Dia menyampaikan, sejauh ini perputaran uang hanya beredar di satu atau dua titik sehingga kemakmuran tidak merata di rakyat.

”Sebagai pengelola Amal Usaha Muhammadiyah Lampung, kami terpanggil bagaimana agar tanah-tanah pertanian yang digarap oleh rakyat kecil di segala penjuru Indonesia, bisa dinikmati hasilnya sampai ke nadi rumah tangga. Karena itu, kami menyambut baik tawaran kerja sama ekspor dari PCIM Mesir ini. Apalagi sudah ada bukti nyata yang dilakukan oleh PCIM Mesir sejauh ini,” katanya.

Ekspor Pala Rp 1,9 M

Direktur PT Eshan Agroindo Mulia Muhammad Fauzi mengungkapkan, kerja sama ekspor dengan BTM BiMu Lampung memiliki nilai plus. Sebab BTM BiMU bermitra dengan pegiat UMKM.

Muhammad Fauzi menambahkan, Mesir merupakan negara target ekspor paling strategis. Potensi pasar di Mesir cukup besar.

Duta Besar Lutfi Rouf menerangkan, fakta menunjukkan bahwa Mesir mitra dagang Indonesia terbesar di Afrika Utara. Dengan jumlah penduduk terbesar di kawasan sebanyak 101 juta jiwa. Kerja sama ekspor ke Mesir memiliki peluang besar untuk terus dikembangkan.

Ketua PP Muhammadiyah Dr Anwar Abbas mendukung inisiatif kerja sama ekspor yang digaungkan PCIM Mesir bekerja sama dengan Amal Usaha Muhammadiyah di Indonesia. Ia berharap usaha ini menyukseskan misi internasionalisasi Muhammadiyah dalam bidang ekonomi.

Pada akhir sesi dilaksanakan penandatanganan MoU oleh PCIM Mesir, BTM BiMU, PT Eshan Agroindo dengan buyer dari Mesir, Amir Kiram. Amir Kiram berani menandatangani pembelian pala dari Indonesia melalui PCIM Mesir, BTM BiMU Lampung, dan PT Eshan Agroindo Mulia senilai Rp 1,9 miliar.

(pwmu)

Komentar