Perang Harga, Harga Ivermectin di Marketplace Ada yang Jual di Atas Rp 500 Ribu, HET nya …..?

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pemerintah sedang mempercepat uji klinis Ivermectin, yang akan dijadikan sebagai obat terapi Covid-19. Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, pemerintah berupaya menyediakan obat terapi murah, terjangkau dan mudah didapat.

“Dengan harga obat yang murah dan terjangkau, saya yakin rakyat akan bisa mendapatkannya dengan mudah dan tidak akan menjadi beban,” kata Erick Thohir, Senin, 28 Juni 2021.

Erick Thohir menargetkan Ivermectin bisa diproduksi massal oleh Indofarma. Pada tahap awal, obat ini akan diproduksi 4,5 juta sehingga harganya bisa ditekan Rp 5.000 sampai Rp 7.000 per butir.

Saat ini produsen Ivermectin dengan merek edar Ivermax 12mg adalah PT Harsen Laboratories. PT Harsen juga melakukan uji klinis obat Ivermectin untuk pencegahan penularan Covid-19, dan akan meneken kerja sama dengan Universitas Pertahanan. PT Harsen akan membiayai uji coba tersebut.

“PT Harsen sudah bersedia ketika diminta Universitas Pertahanan untuk menjadi sponsor uji klinis Ivermectin sebagai profilaksis atau pencegahan,” kata Vice President PT Harsen Laboratories Sofia Koswara dalam konferensi pers daring, Senin, 28 Juni 2021.

Sebelum uji klinis digelar, harga Ivermectin saat ini tak bisa dibilang murah. Di marketplace, harganya mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu strip berisi 10 butir obat.

Berdasarkan pantauan rekan media, Rabu, 30 Juni 2021, harga Ivermectin dengan merek Ivermax rata-rata mulai dari Rp 200 ribu. Sedangkan harga eceran tertinggi atau HET Ivermax 12 mg per strip seperti yang tercantum dalam kemasan adalah Rp 256 ribu.

Di Tokopedia misalnya, obat ivermectin dengan merek Invermax 12mg harga tertinggi adalah Rp 657 ribu. Rata-rata produk Ivermectin di Tokopedia mulai dari Rp 180 ribu hingga Rp 600 ribu.

Salah satu penjual di Tokopedia , produk dengan harga Rp 335 ribu per setrip untuk 10 tablet dibeli dengan total transaksi 168 pembeli. Pelapak ini berlokasi di Tangerang.

Tak hanya Tokopedia, serupa dengan marketplace lainnya Shopee. Masih dengan merek yang sama, harga tertinggi adalah Rp 560 ribu per setripnya. Rata-rata produk Ivermectin di Shopee mulai dari Rp 265 ribu hingga Rp 600 ribu.

Salah satu toko dengan penjualan Invermax paling laris di Shopee itu Rp 350 ribu. Seller tersebut sudah menjual 11 Ivermax dan berlokasi di Surabaya.

Adapun di Bukalapak, produk Invermax dijual dengan kisaran harga Rp 260 ribu sampai Rp 400 ribu per setrip. Seller tersebut berlokasi di DKI Jakarta dan Surabaya.

Sementara itu, layanan kesehatan daring, Halodoc menawarkan obat dengan merek Ivermectin dengan harga Rp197.100 untuk 20 tablet. Itu berarti, untuk satu tabletnya dipatok seharga Rp9.855.

“Dalam penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter,” informasi yang disampaikan dalam situs Halodoc.

(*/lk)

Komentar