Aksi Kolaborasi Pentahelix dalam Mitigasi Tsunami di Pacitan

 “Penanaman mangrove ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesiapsiagaan akan tsunami. Kemudian masyarakat diharapkan mengetahui apa yang harus dilakukan, sehingga kita bisa paham bagaimana menyelamatkan diri dari tsunami,” tuturnya. 

Kepala Pelaksana BPBD Prov. Jawa Timur Drs. Budi Sentosa membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berhalangan hadir, menjelaskan Jawa Timur memiliki kondisi alam yang memungkinkan terjadinya bencana, salah satunya tsunami. 

“Tsunami merupakan salah satu bencana yang harus diwaspadai di selatan jawa,   maka diperlukan kesiapsiagaan masyarakat di pesisir untuk menghadapi potensi terjadinya tsunami. Masyarakat diharapkan mengetahui tanda-tanda tsunami dan cara evakuasi maupun melibatkan diri langsung dalam rangka mengurangi dampak tsunami,” ucap Budi. 

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini penanganan bencana harus dilakukan secara bersama dan upaya yang harus menjadi prioritas adalah saat fase pra-bencana. 

“Upaya penanganan yang dilakukan oleh berbagai pihak harus dimulai dari saat pra bencana. Salah satunya dengan menanam mangrove, mangrove dapat mencegah abrasi laut, mengurangi gelombang tsunami dan dapat dimanfaatkan secara ekonomi,” tutupnya. 

Vegetasi dapat mengurangi gelombang tsunami, maka dari itu diperlukan perawatan serta pemeliharaan setelah ditanam sehingga dapat berfungsi optimal jika bencana datang. 

Seperti di Pantai Teleng Ria Kab. Pacitan, sejak tahun 2010 sudah ada vegetasi cemara, ketapang dan trembesi di sepanjang pantai yang sangat penting untuk dijaga, karena keberadaan vegetasi di sepanjang pantai bisa mereduksi tsunami dengan signifikan pada batas-batas tertentu. 

Pemerintah daerah perlu memperhatikan kondisi vegetasi yang membentuk hutan pantai. Jika pada setiap batang pohon, jarak antara muka tanah dengan tinggi ranting pertama sudah lebih dari 1.5 meter, maka perlu ditanami vegetasi baru diantara tegakan yang sudah ada agar fungsi reduksi tsunami bisa optimal. 

Komentar