Bupati Minut Berhasil Perjuangkan 109 Sertifikat Redistribusi Tanah Warga di Kecamatan Wori

JurnalPatroliNews – Minahasa Utara,- Program strategis Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Sertifikat Redistribusi Tanah bagi kesejahteraan masyarakat di daerah, terus diperjuangkan oleh Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda.

Sebagai ketua panitia di daerah, Bupati Minut memperjuangkan agar 109 nama penerima program Sertifikat Redistribusi Tanah ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Usulan bupati berbuah manis, yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat pada Jumat (13/10/2023) kemarin.

Ke-109 sertifikat tanah tersebut terletak di Kecamatan Wori, yaitu 72 bidang untuk masyarakat Desa Buhias 72 dan 37 bidang untuk Desa Bango.

Bupati Minut, Joune Ganda yang diwakili Asisten I Umbase Mayuntu mengatakan, ini merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat, terutama dalan rangka meningkatkan kesejahteraan.

“Ini merupakan tanah negara yang dibagikan pada masyarakat. Tentunya bagi yang mendapat secara resmi sudah memenuhi syarat sehingga mendapat hak milik tanah,” ujarMayuntu.

Mayuntu meminta kepada masyarakat kedua desa yang menerima agar menjaga baik-baik sertifikat tanah tersebut.

“Sertifikat itu ada asas manfaatnya bagi penerima, karena menjadi kemudahan akses ke bank untuk pinjaman yang nantinya bisa digunakan buat membuka usaha,” papar Umbase.

Umbase juga menyampaikan pesan Bupati Joune Ganda kepada pihak BPN, agar jika masih ada peluang untuk masyarakat mendapatkan sertifikat tanah jangan dibatasi.

“Sepanjang ada permohonan pemerintah desa dan memenuhi syarat, kiranya bisa ditambah lagi pemberian sertifikat redistribusi tanah di Pulau Mantehage,” tukasnya.

Sementara itu, dari pihak BPN melalui Kepala Seksi Pengukuran dan Pemetaan Ronald Dumingan mengatakan, ini merupakan program strategis Presiden Jokowi lewat Bupati Joune Ganda sebagai ketua di Minut dengan mengeluarkan Surat Keputusan (SK).

“Bupati yang memberikan nama-nama kepada BPN sesuai dengan SK untuk ditetapkan sebagai penerima sertifikat ini,” pungkas Dumingan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Wori Endru Palandung, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Jofieta Supit, Kadis DLH Marthen Sumampouw, Kadis PMD Frederik Tulengkey, Kumtua Buhias Yonas Beret dan Kumtua Bango Sajowind Manopo serta perangkat Kecamatan Wori.

(***/Finda Muhtar)

Komentar