Diduga KKN, Kantor Kanwil BPN Sumut Digeruduk Massa. Faudu: Kami Minta Kakantah Dan Kasi Pendaftaran Tanah Kabupaten Karo Di Copot!

JurnalPatroliNews – Medan, – Aliansi Masyarakat Sipil Kabupaten Karo, menggeruduk Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jl. Brigjen Katamso No.45, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, Medan, Jum’at (22/12/23) siang.

Faudu N Hawala, Pimpinan aksi, mengatakan, unjuk rasa yang dilakukan hari ini, adalah menuntut Kepala Kakanwil BPN Sumut untuk mengganti bawahannya yang diduga melakukan penyalahgunaan wewenang dan praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

“Mendesak Bapak Kakanwil untuk mencopot Erni Hasibuan, Kepala BPN Kabupaten Karo, dan Efrata Ivan Baptis Milala, Kasi Penetapan dan Pendaftaran Hak BPN Kabupaten Karo,” ujar Faudu.

“Keduanya diduga melakukan penyalahgunaan wewenang dengan melakukan tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme,” lanjutnya.

Sebanyak 12 Orang pengunjuk rasa, akhirnya ditemui Rico Tobing, Kepala Bidang (Kabid) Konflik dan Sengketa, diruang rapat Kantor BPN Sumut, pukul 14:15 WIB.

Rico menyampaikan permohonan maaf, bahwa Kakanwil tidak bisa menemui perwakilan aksi karena sedang ada kegiatan diluar kantor dan diwakili oleh dirinya.

“Mohon maaf, kebetulan Bapak Kakanwil saat ini sedang ada kegiatan lain, yakni menghadiri undangan di Hotel Polonia Medan,” ucap Rico.

“Kami mewakili Bapak Kakanwil untuk menampung dan menerima aspirasi Bapak Ibu,” imbuhnya.

Sementara, Faudu merasa kecewa hanya diterima oleh Kabid Konflik dan Sengketa. Meski demikian, Ia berharap tuntutan mereka bisa disampaikan kepada Kakanwil dan Menteri ATR/BPN.

‘Kalaupun hanya Pak Kabid yang menerima kami, kami harap tuntutan kami ini bisa segera disampaikan kepada Bapak Kakanwil dan Bapak Menteri Pertanahan,” sesal Faudu.

Ia juga mengungkapkan, dengan pertimbangan dan niat baik, aksi kali ini hanya membawa 50 orang saja, meskipun sanggup mengerahkan ribuan orang.

“Mohon maaf kami datang jauh-jauh dari Kabanjahe, bukan tidak bisa kami membawa ribuan masa, namun karena niat baik dan juga agar bisa diterima dengan baik disini,” tandasnya.

Sebagai informasi, Aliansi Masyarakat Sipil Kabupaten Karo ini terdiri dari beberapa organisasi kemasyarakatan , diantaranya:

  1. DPD Pemuda Marga Silima (PMS) Kab.Karo;
  2. MPC Pemuda Pancasila (PP) Kab.Karo;
  3. DPD Pemuda Panca Marga (PPM) Kab.Karo;
  4. DPD Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kab.Karo;
  5. DPC Himpunan Masyarakat Nias (HIMNI) Kab.Karo;
  6. DPC Persatuan Batak Bersatu (PBB) Kab.Karo;
  7. GM.FKPPI Kab.Karo;
  8. DPC Laskar Merah Putih (LMP) Kab.Karo;
  9. LSM KCBI Kab.Karo;
  10. LSM ABRI Kab.Karo;
  11. LSM PENJARA Kab.Karo;
  12. LSM BALADIKA Kab.Karo;
  13. LSM BAIN HAM Kab.Karo;

Komentar