Pj Gubernur Safrizal Dukung PWI Babel Lakukan Penanaman Pohon di Kolong PDAM Pemali

JurnalPatroliNews – Pangkalpinang,- Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA mendukung rencana PWI Babel melakukan penanaman pohon di areal kolong PAM Pemali yang direncanakan 28 Desember 2023.

Dukungan tersebut disanpaikan Safrizal saat menerima Pengurus PWI Babel, di kantornya, Selasa petang (12/12/2023).

“Saya sangat mendukung rencana pelaksanaan penanaman yang akan dilaksanakan PWI Babel. Kami support dan nanti secara teknis silakan langsung berkoordinasi dengan DLHK,” ujar Safrizal.

Kemudian Safrizal meminta agar melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk masyarakat agar berpartisipasi dalam penanaman pohon di kolong PDAM Pemali, Kabupaten Bangka.

Apalagi areal lokasi yang akan dilakukan penghijauan tersebut adalah sebagai sumber air baku bagi masyarakat Sungailiat dan sekitarnya.

Safrizal juga mengungkapkan Pemprov Babel siap bermitra dengan pihak manapun termasuk PWI Babel dalam upaya melakukan penghijaun.

“Di Kalsel (Kalimantan Selatan) ketika saya Pj Gunernur di sana, kami menanam sebanyak 5 juta pohon. Jadi jangan tanggung. Saya sangat konsen soal ini. Tapi tidak bisa mepet waktunya, perlu perencanaan. Kali ini kita memulainya,” ujar Safrizal.

Selain itu, ia mengungkapkan kalau baru-baru ini baru ke Spanyol salah satunya terkait soal carbon trade (perdagangan karbon). Hal ini menjadi isu global yang sedang mengemuka.

“Meski di Indonesia belum ada yang berhasil mencairkannya namun pemerintah sudah menunjuk OJK terkait carbon trade. Memang belum bisa dicairkan karena perhitungannya sangat ketat dan persyaratannya juga sangat ketat,” jelasnya.

Terkait soal carbon trade tersebut, Safrizal menawarkan agar PWI Babel mengadakan semacam forum khusus membahasnya bersama para ahli atau narasumber yang kompeten baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Saya siap memfasilitasinya. Nanti bersama para wartawan bisa bikin forumnya, nanti narasumbernya bisa lewat zoom,” ujar Safrizal bersemangat.

Sebelumnya Pengurus PWI Babel, Sekretaris Fakhruddin Halim mewakili Ketua PWI Babel M Fathurrakhman, Ketua SIWO yang juga Ketua Panitia Rudi Syahwani, Sekretaris Panitia Marsah Jupa dan panitia lainnya Wiwi Andriani serta Sari melakukan audiensi dengan Pj Gubernur Babel.

“Selain bersilahturahmi, kami menyampaikan terkait agenda PWI Babel melakukan penanaman pohon di kolong PDAM Pemali, Kabupaten Bangka. Kami mengajak Pemprov Babel mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Termasuk kami juga mengajak Forkopimda untuk turut mendukung agenda tersebut,” ujar Fakhruddin.

Kemudian menurut dia, Pj Gubernur Safrizal mereapons positif agenda PWI Babel. Pihaknya, juga mengagendakan untuk beraudiensi dengan Forkopimda lainnya.

Komentar