Selesaikan Permasalahan Papua, Prabowo Setuju Usul Ganjar Pakai Dialog

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Ganjar Pranowo, Capres (Calon Presiden) nomor urut 3, menanggapi pernyataan Prabowo soal permasalahan Papua, dalam debat perdana Calon Presiden yang digelar KPU, Selasa (12/12/23) malam.

Menurutnya, dialog yang melibatkan semua unsur masyarakat di Papua, adalah hal paling penting untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Apakah bapak setuju dengan model dialog yang saya tawarkan?,” tanya Ganjar kepada Prabowo.

“Saya setuju,” jawab Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo menyatakan akar permasalahan di Papua. Prabowo menilai, itu adalah yang rumit karena melibatkan campur tangan asing.

“Masalah Papua adalah rumit, karena di situ terjadi suatu gerakan separatisme, dan gerakan separitisme ini kita sudah ikuti cukup lama, kita melihat ada campur tangan asing di situ,” ujar Prabowo.

Selain itu, lanjut Prabowo, ada kekuatan-kekuatan tertentu yang selalu ingin Indonesia disintegrasi. Untuk itu, penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia itu, menjadi sesuatu yang harus diutamakan.

“Dan di antaranya kita harus lindungi seluruh rakyat Papua, karena di situ kelompok teroris sekarang menyerang orang-orang Papua sendiri, rakyat yang tidak berdosa, perempuan, orang tua, anak kecil yang tidak bersenjata diteror oleh kelompok teroris separatisme,” ucapnya.

Ganjar pun menanggapi hal itu. Prabowo menyetujui tanggapan soal dialog yang disampaikan ganjar, dan mendapat tepuk tangan penonton dari kubu TKN kedua Capres tersebut.

Komentar